Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat menargetkan capaian vaksinasi COVID-19 sebesar 70 persen dosis satu pada akhir 2021 sehingga secepatnya terbentuk kekebalan kelompok dan aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

"Percepatan akan dilakukan karena target bupati 70 persen pada akhir Desember," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Leli Yuliani kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan capaian vaksinasi COVID-19 di Garut secara keseluruhan sudah di atas 50 persen dan 40 persen untuk masyarakat lansia dari total sasaran 1,9 jutaan orang.

Meski sudah di atas 50 persen, kata Leli, tim petugas medis di lapangan terus berupaya untuk menggenjot semua sasaran masyarakat agar bisa tercapai 70 persen pada akhir tahun.

Namun, Dinas Kesehatan mengusulkan kepada Bupati Garut untuk libur pelaksanaan vaksinasi setiap Minggu agar vaksinator bisa beristirahat demi menjaga kesehatannya.

"Karena selama ini terus berjalan sepekan penuh, jaga kondisi juga," katanya.

Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Garut yang juga Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menambahkan jajaran Polri dan TNI berupaya untuk mencapai vaksinasi 70 persen dosis pertama sebelum Natal atau akhir tahun.

"Kita berharap di pertengahan Desember atau sebelum Natal kita sudah mencapai 70 persen untuk dosis pertama," katanya.

Ia menambahkan saat ini Kabupaten Garut masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 sehingga aktivitas masyarakat masih dibatasi dan tetap wajib disiplin protokol kesehatan.

"Garut masih level 3, target selanjutnya kita menuju 70 persen," katanya.

Baca juga: Garut masih bertahan di PPKM level 3 walau vaksinasi sudah 50 persen

Baca juga: Polres Garut canangkan program "Daun Rindang" tingkatkan rasa aman
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021