Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengikutkan 250 petugas Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk melaksanakan pelatihan dan pembekalan pengetahuan tentang tugas di Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan para anggota Satlinmas tersebut dididik agar dapat membantu menjalankan roda pemerintahan Pemkot Bandung, khususnya untuk berperan aktif di lingkungan masyarakat.

"Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat. Begitu pentingnya keberadaan Satlinmas sehingga kami harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas supaya bisa melaksanakan tugas dengan baik," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Yana mengatakan salah satu tugas pemerintah adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaannya, pemerintah juga melibatkan anggota masyarakat dengan membentuk Satlinmas.

Menurut dia Satlinmas juga dapat menjadi pendeteksi dini guna mencegah potensi adanya konflik dan ketidaknyamanan atau gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat (Kamitbmas).

"Ini dikarekanakan kemudahan akses dan membaur serta bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Selain soal Kamtibmas, menurut Yana, ratusan Satlinmas itu juga dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

“Melalui pelatihan ini juga, anggota Satlinmas dapat mengalihkan sejenak dari kegiatan rutinitas untuk menambah pengetahuan sebagai bekal dalam melaksanakan tugas," kata dia.

Adapun pendidikan di Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat itu bakal berlangsung pada 16-18 November 2021.

Pendidikan yang diberikan itu berfungsi untuk peningkatan kapasitas sesuai dengan tantangan yang sedang dan akan dihadapi sesuai dengan tugas Satlinmas.

Baca juga: 8.000 LINMAS BANDUNG BANTU POLISI AMANKAN PILKADA

Baca juga: Tunaikan janji, Bupati Bogor naikkan insentif anggota Linmas jadi Rp3,6 juta

Baca juga: Pemkab Bekasi libatkan Satlinmas cegah penyebaran corona

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021