Keberadaan Kampus 2 Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung di Majalengka, Jawa Barat, yang proses pembangunannya direncanakan mulai dilakukan pada tahun depan akan mendukung Kawasan Rebana Metropolitan, kata Direktur Polman, Mohammad Nurdin, ST MAB.

"Setelah dilakukan kajian, jadi keberadaan kita juga terkait dengan Rebana Metropolitan yakni untuk mendukung kawasan tersebut. Dan ini terkait dengan hal kawasan pendidikan dan kebutuhan industri yang dikembangkan di sana nantinya," kata Mohammad Nurdin, seusai acara Wisuda Program Diploma III ke-43 dan Diploma IV Ke-19 secara hybrid di Kampus Polman Bandung, Jalan Kanayakan No.21 Dago, Sabtu.

Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Majalengka telah melakukan MOU dengan Kemendikbud dan Pemprov Jabar untuk membangun kampus 2 Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung di Kabupaten Majalengka.

Rencananya Kampus 2 Polman Bandung itu akan dibangun di lahan seluas sekitar 14 hektare di Desa Jatipamor, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka.

Direktur Polman Mohammad Nurdin menuturkan keberadaan Kampus 2 Polman di Kabupaten Majalengka diharapkan mampu meningkatakan angka partisipasi kasar (APK) di wilayah Jawa Barat.

"Jadi jurusan atau program studi yang akan diselenggarakan di Kampus 2 Polman Bandung nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan di sana, khususnya terkait dengan Kawasan Rebana Metropolitan," kata dia.

Selain itu, lanjut Mohammad Nurdin, pihaknya juga memiliki harapan besar menjadikan Polman Bandung sebagai World Class Polytechnic dengan dibangunnya sebuah kampus baru di Kabupaten Majalengka.

"Kita punya harapan besar di Majalengka, mungkin ada kawasan yang modern karena Polman Bandung sendiri punya cita-cita jadi world class polytechnic," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini sedang dilakukan verifikasi terhadap lahan untuk Kampus 2 Polman Bandung di Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Jawa Barat M Ridwan Kamil menuturkan pembangunan Kampus II Polman di Majalengka, merupakan wujud kepedulian terhadap pengembangan kualitas SDM di wilayah Ciayumajakuning.

Adapun fokus bidang pendidikan vokasi yang akan diterapkan di Kampus II Polman yaitu kriya, logam, dan kayu.

Alasan dipilihnya program studi tersebut, selain merupakan satu sektor yang memang dibutuhkan oleh dunia industri, juga sebagai upaya memaksimalkan potensi sumber daya masyarakat yang rata-rata berprofesi sebagai perajin tanah liat.

Wisuda 

Jumlah lulusan Polman Bandung tahun 2021 adalah sebanyak 303 lulusan dengan rata-rata IPK sebesar 3.35 yang teridiri dari 201 lulusan program studi D-III dengan rata-rata IPK 3.30  dan 102 lulusan program sarjana terapan D-IV dengan rata-rata IPK 3.38.

Direktur Polman, Mohammad Nurdin, ST MAB mengatakan selama menempuh masa pendidikan para wisudawan telah mendapatkan program-program yang telah ditumbuh kembangkan oleh Polman Bandung.

Program itu  berupa model pendidikan berbasis keindustrian dalam dua model pendidikan yakni Model pendidikan berbasis produksi yang secara umum lebih dikenal sebagai teaching factory dan program kooperatif magang di industri selama satu semester.

Pada model pendidikan berbasis produksi ini dilaksanakan dengan cara mendatangkan produk dari industri untuk dijadikan media latihan bagi mahasiswa dan hasilnya harus memenuhi standar kualitas, harga dan waktu penyelesaian yang ditetapkan bersama dengan pihak industri, QCD.

Kedua model pendidikan tersebut merupakan hasil karya inovatif para dosen Polman Bandung sejak tahun 1990-an yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang manufaktur yang sesuai dengan kebutuhan akan tenaga ahli di Industri.

Pendidikan selama 3 hingga 4 tahun yang telah dijalani wisudawan dengan disiplin ketat di Polman-Bandung ini diyakini dapat menjadi landasan pembentukan karakter lulusan yang unggul secara komparatif.

"Dampak dari pendidikan tersebut akan menjadi bekal wisudawan dalam menata kehidupan bersama masyarakat," kata dia.


Baca juga: Ridwan Kamil: Polman Majalengka diharapkan tingkatkan kualitas SDM Ciayumajakuning

Baca juga: Polman Bandung kerja sama dengan enam satuan pendidikan vokasi afiliasi

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021