ANTARAJAWABARAT,com,10/7 - Kelompok Pecinta Alam se-Tasikmalaya menggelar balap rakit di objek wisata alam Situ Gede, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu, sebagai upaya menumbuhkembangkan potensi pariwisata.

"Kami ingin membangkitkan geliat pariwisata khususnya yang ada di Kota Tasikmalaya Situ Gede yang memiliki potensi," kata Acep Mulyana, ketua pelaksana acara.

Kegiatan balap rakit tersebut diikuti peserta dari kalangan orang dewasa yang tergabung kelompok pecinta alam se-Tasikmalaya dan warga sekita objek wisata Situ Gede yang terbagi menjadi 25 kelompok.

Pelaksanaannya masing-masing kelompok peserta balap rakit berjumlah lima orang dan menunjukkan kebolehan melajukan rakit secara cepat di Situ Gede atau danau yang memiliki luas sekitar 40 hektare lebih itu.

"Kami siapkan dua rakit, untuk satu kelompok peserta berjumlah lima orang yang harus berusaha melajukan rakitnya dengan cepat sampai ke finis," katanya.

Selain balap rakit, digelar juga balap perahu dan kegiatan permainan anak-anak zaman dulu atau "kaulinan barudak".

Kegiatan itu sebagai ajang silaturahmi antarkelompok pecinta alam se-Tasikmalaya dan masyarakat tersebut digelar juga lomba penghijauan dengan menanam pohon.

Penilaian lomba tanam pohon di kawasan wisata Situ Gede itu, kata Acep dilakukan tiga bulan ke depan untuk melihat perkembangan pertumbuhan pohon yang sudah ditanam.***6***
Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011