DPRD Cianjur mendesak pemkab setempat untuk membuat program perencanaan secara matang terkait penyelesaian masalah kemiskinan ekstrem, yang membuat daerah itu masuk wilayah tertinggi kelima di Jabar.

Wakil Ketua DPRD Cianjur Deden Nasihin di Cianjur, Rabu, mengaku prihatin dengan tingginya angka kemiskinan di daerah itu. Berdasarkan data BPS dan DTKS Cianjur, jumlah penduduk miskin mencapai 300 ribu orang dan 90 ribu diantaranya miskin ekstrem.

"Tentu prihatin dengan banyaknya warga miskin, Cianjur masuk lima besar jumlah warga miskin ekstrem terbanyak di Jabar. Sehingga, menurut kami pemberian bantuan sosial tunai bukan solusi," katanya.

Pemberian bantuan sosial hanya bersifat sementara, bahkan jika diberikan secara berkepanjangan akan membentuk kebiasaan kurang baik, dimana masyarakat terbiasa menunggu dan menerima bantuan.

Pemerintah daerah, ungkap dia, jangan sampai terlena dan menganggap masalah kemiskinan selesai dengan banyaknya bantuan yang diberikan, mulai dari bantuan daerah hingga dari pusat. Namun, harus dicarikan program yang tepat sasaran agar angka kemiskinan menurun.

"Jangan dianggap bisa menarik bantuan dari pusat masalah selesai, malah seharusnya daerah bisa mencari solusi lain agar penerima bantuan berkurang yang menandakan kemiskinan menurun," katanya.

Pemkab harus membangun ekosistem perekonomian yang baik, mulai dari penyediaan lapangan pekerjaan, pemberian modal untuk UMKM, hingga peningkatan kualitas pendidikan, sehingga masyarakat dapat tergerak untuk meningkatkan status ekonominya.

"Bentuk karakter masyarakat yang mau berusaha, terutama menyediakan lapangan kerja dan permodalan bagi yang mau berwirausaha. Selain itu, pendidikan juga harus diperhatikan, karena pendidikan yang rendah salah satu faktor kemiskinan," katanya.

Pemerintah harus serius dalam pembentukan ekosistem tersebut agar kemiskinan dapat selesai. "Pemkab harus serius dalam pengentasan kemiskinan, jangan hanya berpatokan pada pemberian bantuan," kata Deden.

Baca juga: DPRD desak Pemkab Cianjur tuntaskan vaksinasi siswa sebelum PTM

Baca juga: Puluhan desa di Cianjur jadi percontohan penanganan kemiskinan ekstrem

Baca juga: Mendes PDTT blusukan di Jawa Barat tuntaskan data SDGs Desa

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021