Tasikmalaya, 26/4 (ANTARA) - Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi menggelar pelatihan keterampilan berbasis masyarakat kejuruan otomotif sepeda motor sebagai upaya mengatasi pengangguran.

Pelatihan keterampilan itu diikuti sebanyak 16 peserta dimulai Selasa hingga 9 Mei 2011 atau selama 14 hari di LPT Eka Jaya Kota Tasikmalaya.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tasikmalaya, Tio Indra Setiadi yang membuka langsung kegiatan keterampilan tersebut berharap seluruh peserta setelah mengikuti pelatihan dapat melanjutkan kemampuannya menuju kemandirian.

"Mengembangkan kreativitas serta memiliki keuletan saat nanti mulai berusaha sendiri sehingga mampu mencapai kesejahteraan keluarga," kata Tio berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan ilmunya sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Pelatihan keterampilan tersebut, kata Tio, diharapkan dapat menjadi terobosan baru dalam mengatasi angka pengangguran, menciptakan lapangan kerja baru serta membekali keahlian kepada masyarakat agar dapat aktif bekerja keras sesuai kemampuan pengetahuannya.

Selain itu, dikatakan Tio, dari 16 peserta pelatihan dapat mengembangkan kreativitas ketika mulai berusaha sendiri, kemudian dapat mengajak masyarakat lain untuk ikut bekerja.

"Peserta ini saya harap bisa sukses serta mampu membuka lapangan kerja sendiri sehingga bisa mengajak teman atau saudara yang masih belum bekerja," katanya.

Sementara itu Kabid Tenaga kerja sekaligus Ketua Penyelenggara, Henhen Heni, mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas SDM yang produktif dan berdaya saing selain mengurangi pengangguran di Kota Tasikmalaya.

"Peserta yang terdaftar ini sebagai pencari kerja di Dinsosnakertrans berasal dari Kecamatan Tamansari, Cibeureum dan Cipedes dengan pembekalan 30 persen materi dan 70 persen praktek," kata Henhen.***5***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011