Cirebon, 23/4 (ANTARA) - Koperasi Serba Usaha Nusantara Jaya Kabupaten Cirebon, Jawa barat, yang bergerak dibidang pelayanan usaha tani berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani.

Ketua Koperasi Serba Usaha Nusantara Jaya Cirebon H Sunarto AT kepada wartawan di Cirebon, Sabtu mengatakan dalam semarak ulang tahun koperasi yang kedua pihaknya akan berusaha terus secara maksimal meningkatkan kesejahteraan petani.

"Koperasi Nusantara Jaya didedikasikan untuk membantu masyarakat petani dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup melalui pengembangan usaha tani moderen,"katanya.

Dia menambahkan, Koperasi Serba Usaha Nusantara Jaya telah mendapat pengesahan pemerintah melalui badan koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon Nomor : 01/BH/KUKM/1/2009 tanggal 12 Januari 2009,hingga saat ini usia kopersi genap dua tahun.

Dia menuturkan, visi kopersi yang dikelolanya yaitu mewujudkan koperasi sebagai lembaga usaha yang mendiri dan profesional dalam pengembangan usahan pertanian yang lebih unggul, berdaulat dan berkelanjutan dengan berbasisi sumberdaya lokal untuk menciptakan kedaulatan pangan. Selain itu mampu bersaing dengan petani lain.

Sementara itu misi Koperasi Nusantara Jaya diantaranya, mewujudkan sistem pertanian berkelanjutan yang efisien, kompetitif berbasis iptek dan sumberdaya lokal, serta berwawasan lingkungan hidup melalui pendekatan sistem agribisnis.

"Terkait teknologi sarana produksi pertanian yang murah, sehat dan ramah lingkungan. Menjadikan petani yang kreatif, inovatif, serta mandiri dan mampu memanfaatkan iptek, potensi sumberdaya lokal untuk menghasilkan produk pertanian berdaya saing tinggi,"katanya.

Selain itu mampu mewujudkan usaha pertanian yang terintegrasi guna menumbuhkan usaha ekonomi produktif dan menciptakan lapangan kerja baru. Mendorong terwujudnya sistem kemitraan usaha budidaya dan perdagangan komoditas pertanian yang sehat, jujur dan berkeadilan.

"Bengkel tani Nusantara jaya juga memberikan dampingan serta bimbingan teknis, teknologi kepada kelompok tani dengan cara usaha tani berbiaya rendah, efektif,"katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan yang telah dilakukan Koperasi Nusantara Jaya melalui unit layanan bengkel tani pada tahun 2010 diantaranya, penyuluhan dan pendampingan, pembentukan organisasi dan kelembagaan kelompok tani, kerja sama dan pengembangan bidang pertanian.

Hingga kini aset koperasi Nunsantara Jaya yang beralamat di Jalan Raya Cirebon-Losari KM 18 Desa Ender Kecamatan Pangenan mencapai Rp1.272.588.406, dengan volume usaha Rp4.165.000.000, memiliki sarana olah data tiga unit komputer, jumlah karyawan enam orang, anggota 46 orang, calon anggota 36 orang, nasabah terlayani 451 orang.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011