Garut, 8/4 (ANTARA) - PT Pupuk Kujang menjamin stok pupuk bersubsidi yang tersedia di setiap gudang untuk memenuhi kebutuhan di Jawa Barat aman pada musim tanam April serta Mei-Juni 2011.

"Kebutuhan dua bulan ke depan aman, kami memproduksi tiga ribu ton per hari dan itu lebih dari cukup," kata Manajer Komunikasi PT Pupuk Kujang Arifin di gudang Pupuk Kujang Boyongbong, Garut, Jumat.

Kebutuhan pupuk Kujang wilayah distribusi Jabar, kata Arifin, rata-rata 74.000 ton setiap bulan.

Kebutuhan Jabar berdasarkan surat Gubernur sebanyak 583.500 ton pupuk per tahun sehingga stok untuk wilayah Jabar dinilai aman atau lebih dari cukup.

"Jadi petani diharapkan tidak perlu khawatir, stok pupuk di Jabar aman pada musim tanam," kata Arifin.

Pupuk Kujang langsung didistribusikan ke distributor kemudian ke kios resmi. Arifin mengharapkan tidak terjadi kecurangan pada rantai distribusinya.

Distribusi pupuk hingga ke kios-kios, kata Arifin, lancar dan tidak terjadi kecurangan karena ada komisi pengawasan distribusi yang melibatkan Dinas Pertanian.

"Pupuk sudah ada di kios-kios, kalau petani membutuhkan kemudian langka, kami langsung mengirim dari gudang," katanya.

Berdasarkan keputusan pemerintah melalui SK Menperindag Tahun 2009, kata Arifin, PT Pupuk Kujang diberi tanggung jawab memenuhi kebutuhan sebagian besar daerah Jabar, selain Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Majalengka, dan Kuningan.

Sementara itu permintaan pupuk cukup besar berasal dari Kabupaten Karawang sebanyak 82 ribu ton per tahun dengan luas persawahan 93 hektare.***5***
(U.KR-FPM/B/N002/N002)

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011