Bupati Garut Rudy Gunawan menyerahkan bantuan 1.000 pasang sepatu untuk anak yatim piatu tingkat pelajar SMP di daerah itu, sebagai bentuk dukungan pemerintah dan lembaga Baznas kepada anak tersebut agar lebih semangat belajar.

"Terima kasih ini Baznas sudah mau membantu, ini ada 1.000 sepatu untuk orang-orang miskin, Baznas sudah amanah," kata Bupati Garut saat penyerahan bantuan sepatu secara simbolis di lapangan Sekretariat Daerah Pemkab Garut, Jawa Barat, Senin.

Ia mengatakan pemberian bantuan sepatu bagi anak yatim piatu itu merupakan bagian dari Program Garut Cerdas oleh Baznas Garut.

Selain itu, lanjut dia, ada juga program Garut Taqwa berupa pemberian santunan uang pembinaan untuk juara Seleksi Tilawatil Quran tingkat Provinsi Jawa Barat sebesar Rp15 juta yang diserahkan kepada Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kabupaten Garut Sasa Sunarsa.

Ketua Baznas Garut Aas Kosasih menyatakan Baznas telah menyiapkan 1.000 pasang sepatu tahap pertama yang diprioritaskan bagi siswa yatim piatu dari keluarga miskin tingkat pelajar SMP.

Selanjutnya Baznas akan menyiapkan program bantuan serupa dengan sasaran anak yatim piatu dari keluarga miskin tingkat sekolah dasar (SD)

"Untuk tahap pertama 1.000 pasang sepatu untuk 1.000 orang, ke depan akan kami persiapkan untuk anak SD," katanya.

Ia menambahkan Baznas Garut juga memiliki program lain, selain untuk anak yatim piatu, di antaranya memberi santunan kepada qari dan qariah yang sudah mengikuti Seleksi Tilawatil Quran.

Baznas Garut, lanjut dia, juga akan menyiapkan program bantuan sosial lainnya yang sifatnya massal, namun dananya harus terkumpul dulu agar bisa menjalankan program tersebut.

"Kami juga akan membuat program yang sifatnya massal, dan harus mengumpulkan dulu uangnya," katanya.

Baca juga: BI dan OJK Jawa Barat pasok 10 ribu dosis vaksin untuk Garut

Baca juga: Bupati Garut apresiasi hotel dan restoran taat bayar pajak
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021