Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, ramai lancar setelah penerapan ganjil genap diberlakukan pada pekan kedua, bahkan hingga Sabtu sore, tidak terlihat antrean kendaraan dari kedua arah baik dari Cianjur atau Bogor.

Pantauan ANTARA, pemberlakuan ganjil genap di dua titik di wilayah hukum Cianjur, tepatnya di Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur dan Puncak Pass, diberlakukan sejak pagi hingga sore menjelang, dinilai cukup efektif mengurangi volume kendaraan di sepanjang jalur menuju Puncak.

Bahkan sejak pagi hingga sore menjelang, tidak terlihat antrean kendaraan sampai memanjang di sejumlah titik rawan macet mulai dari Jalan Raya Pacet hingga kawasan Puncak Pass. Hanya laju kendaraan tersendat di beberapa titik akibat keluar masuk kendaraan dari tempat wisata, rumah makan dan hotel.

Pemberlakuan ganjil genap diterapkan mulai dari wilayah hukum Bogor, Sukabumi dan Cianjur, sehingga aktifitas kendaraan menuju Cianjur dapat ditekan. Bahkan antrean kendaraan menuju tempat wisata pada pekan kedua PPKM level 2 di Cianjur, belum terjadi lonjakan yang cukup tinggi.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan sejak pagi hingga sore menjelang volume kendaraan yang masuk ke wilayah Cianjur terlihat sepi karena imbas dari ganjil genap, sehingga mobilitas kendaraan dapat ditekan. Terlebih dari Cianjur, penerapan berjalan efektif, hanya kendaraan nopol genap tidak dapat melintas.

"Ini akan menjadi evaluasi untuk pekan selanjutnya. Untuk pekan ini, penerapan ganjil genap berjalan sangat efektif karena dapat mengurai antrean yang tidak terlihat hingga sore menjelang, kami juga menyiapkan berbagai upaya lain, sebagai antisipasi jika macet total kembali terjadi," tuturnya.

Sementara pengendara dari luar kota dengan nopol ganjil, Ahmad (35), mengatakan hanya butuh waktu, satu jam untuk sampai ke Kebun Raya Cibodas, setelah pos penyekatan keluar tol Ciawi. Meski sempat terlihat antrean, namun laju kendaraan mulai normal setelah Taman Safari-Cisarua, Bogor.

"Biasanya sudah masuk jalur Puncak-Bogor, antrean panjang dengan laju kendaraan tersendat, sudah menjadi pemandangan biasa. Namun akhir pekan kali ini, hanya satu jam sampai ke Cipanas dari Ciawi," ujarnya.

Baca juga: Seribuan pelaku wisata di Cianjur telah divaksin COVID-19

Baca juga: Polisi Cianjur buru pembacok dua pemuda
 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021