Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Sukabumi menargetkan perolehan medali emas di PON XX Papua dari delapan atlet asal Sukabumi yang tergabung dalam kontingen Provinsi Jawa Barat.  

Sekretaris Umum KONI Kota Sukabumi Ganjar Ramdhani Saputra di Sukabumi, Kamis, menyebutkan kedelapan atlet asal Sukabumi yang akan terjun di arena PON XX Papua bulan depan adalah Annisa Septiani dan Rizkita Fitri Yudansha (cabang olahraga kempo), M Alfiana, Waldi N dan Alianza (hockey), Ghalian (bola tangan), Pradini (anggar), dan Elvan (renang). 

"Atlet yang diutus tersebut sudah lolos menjalani tahapan seleksi sebelumnya dan mengikuti pemusatan pelatihan," kata Ganjar.

Kedelapan atlet asal Sukabumi yang tepilih untuk membela kontingen Jabar di PON Papua itu, katanya, merupakan atlet berprestasi dan merupakan kebanggaan Kota Sukabumi karena telah banyak menyabet medali dari berbagai ajang kejuaraan olahraga baik tingkat daerah maupun nasional.

Ia mengaku haru dan bangga bisa memberangkatkan para atlet Sukabumi tersebut ke Papua di tengah keterbatasan dana untuk menunjang prestasi mereka. Ia salut dengan tekad dan semangat delapan atlet agar bisa mengharumkan nama Provinsi Jabar khususnya Kota Sukabumi.

Anggaran pembinaan yang minim untuk menunjang prestasi mereka bukan menjadi rintangan yang berarti, karena dalam diri atlet-atlet tersebut  mempunyai tekad yang bulat demi mengharumkan nama daerah melalui kejuaraan olahraga, kata Ganjar. 

"Kami optimistis nama mereka akan tercatat sebagai peraih medali untuk Kontingen Jabar di PON XX Papua," katanya.

Ganjar menambahkan selain mengutus delapan atlet, KONI Kota Sukabumi juga memberangkatkan seorang pelatih cabang olahraga anggar yakni Glen. Selain itu, dua wasit asal Sukabumi juga terpilih untuk menjadi wasit pada cabang olah raga basket, yakni Rendra Lesmana dan Yosef.

Atlet Kota Sukabumi selalu menjadi andalan Kontingen Jabar untuk menambah pundi-pundi medali, bahkan hampir setiap pelaksanaan PON selalu saja ada medali yang diraih atlet dari kota ini.

Ganjar meminta dukungan warga Sukabumi dan Jawa Barat bagi keberhasilan kontingen atlet daerah tersebut berlaga di arena PON XX Papua.     

Baca juga: Gubernur kukuhkan kontingen Jabar untuk PON Papua

Baca juga: Gubernur Jabar targetkan para atlet bawa 164 emas dari PON Papua

Baca juga: Hampir 30 persen atlet Jabar untuk PON XX berasal dari Kota Bandung

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021