Bupati Garut Rudy Gunawan mendorong semua pemerintah desa di seluruh 42 kecamatan agar memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi sehingga semakin banyak destinasi pariwisata yang akhirnya bisa mendongkrak perekonomian desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kami targetnya sebenarnya semua desa itu mempunyai potensi (wisata)," kata Rudy Gunawan usai peresmian Desa Wisata Puncak Intan Dewata di Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Selasa.

Bupati menuturkan Kabupaten Garut memiliki 421 desa yang saat ini baru beberapa desa, salah satunya Desa Mekarjaya yang sudah mengembangkan potensi daerahnya sebagai kawasan wisata.

Ia mengutarakan harapannya agar ke depan ada 88 desa atau minimal dua desa dari satu kecamatan bisa mengembangkan potensi daerahnya menjadi desa wisata yang memiliki nilai jual untuk dikunjungi wisatawan.

"Kami ingin ada sebenarnya 88 desa, satu kecamatan ada dua (desa wisata)," katanya.


Ia juga berharap agar Kabupaten Garut dapat memiliki lebih banyak lagi destinasi wisata dengan beragam klasifikasi yakni pariwisata kelas dunia, nasional, provinsi, dan kabupaten.

"Kami klasifikasikan ada pariwisata kelas dunia, ada pariwisata kelas nasional, ada tingkat Jawa Barat, tingkat kabupaten, semuanya lah desa di 421 desa," katanya.

Ia menambahkan desa yang mampu mengembangkan potensi daerahnya akan mendapatkan perhatian dari Pemkab Garut berupa bantuan dana untuk mendukung program desa wisata.

"Sementara ini kami minimal (anggaran) Rp200 juta dulu lah, Rp200 jutaan itu bantuan keuangan, terserah desa untuk apa," kata Bupati.

Baca juga: Sandiaga beri bantuan kepada pelaku parekraf di Desa Wisata Cangkuang Garut

Baca juga: Tiga desa di Garut diusulkan ikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia

Baca juga: Pemkab Garut siapkan Rp10 miliar bantu pengembangan desa wisata

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021