Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa pihaknya akan secara resmi memperkenalkan Grand Design Olahraga Nasional atau Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada 9 September bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38.

“Tekad kami, tanggal 9 September 2021 kickoff Desain Besar Olahraga Nasional. Kami harapkan akan dilakukan langsung bapak presiden pada peringatan Hari Olaharaga Nasional ke-38,” kata Menpora Amali dalam Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kemenpora bersama PWI Pusat secara virtual, Rabu (1/9), dikutip laman resmi Kemenpora.

Zainudin menjelaskan bahwa DBON telah melalui diskusi panjang sebelum akhirnya akan dikenalkan secara resmi oleh presiden.
 

Desain besar yang juga merupakan arahan Presiden Joko Widodo dalam peringatan Haornas tahun lalu itu disusun Kemenpora bersama stakeholder olahraga, termasuk pakar, akademisi, praktisi dan organisasi olahraga seperti KONI dan Komite Olimpiade Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa DBON merupakan cetak biru pembinaan olahraga prestasi nasional agar sistematis, berkelanjutan, dan masif. Harapannya, apabila pembinaan sudah dilakukan seusai dengan desain maka prestasi olahraga nasional di level dunia, termasuk Olimpiade dan Paralimpiade pun dapat meningkat.

“Prestasi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo apakah itu hasil pembinaan, desain? saya berani katakan tidak. Itu adalah prestasi-prestasi yang kita dapatkan by accident, ditemukan. Kita tidak boleh lagi menggunakan cara seperti itu. Untuk membuat prestasi harus dirancang, harus disiapkan. Tanpa itu maka kita akan begini terus,” tegasnya.

Zainudin juga menegaskan bahwa dalam DBON, Olimpiade dan Paralimpiade menjadi target utama prestasi olahraga. Sementara itu, Asian Games dan SEA Games hanya sasaran antara.

Dia memastikan DBON juga telah mengatur permasalahan pembinaan mulai dari hulu sampai ke hilir. Ia telah menentukan cabang olahraga unggulan dan akan menyeleksi talenta-talenta muda dari kalangan siswa di seluruh Indonesia.
 

Menurutnya akan ada 150 atlet elite junior dan senior yang ditempatkan di pemusatan latihan berfasilitas lengkap yang akan dibangun di Cibubur.

Selain itu, Zainudin juga menyatakan akan membangun 10 sentra pemusatan latihan demi melahirkan potensi talenta atlet sejak muda di seluruh Indonesia serta bekerja sama dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

“Prestasi harus dibuat pabriknya. Nah pabriknya ini Desain Besar Olahraga Nasional itu,"

"Dan mudah-mudahan ini akan mendapat dukungan berbagai pihak, baik tingkat kementerian, lembaga pusat, daerah, tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Itu sebabnya payung hukumnya Perpres (Peraturan Presiden),” tutup dia.

Baca juga: Menpora: Jumlah medali di Tokyo alami peningkatan dari Rio 2016

Baca juga: Menpora berupaya populerkan angkat besi yang jadi andalan Indonesia di ajang internasional

Baca juga: Menpora optimistis target RI masuk 40 besar di Olimpiade Tokyo terpenuhi

Pewarta: Shofi Ayudiana

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021