Bandung, 7/2 (ANTARA) - Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) akan menggelar Seminar 60 Tahun Garuda Pancasila di di Gedung Merdeka Kota Bandung, 11 Februari 2011.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan kepada publik mengenai sejarah terciptanya lambang negara Indonesia yakni Garuda Pancasila," kata Kepala Museum KAA, Isman Pasha di Bandung, Senin.

Kegiatan yang akan digelar di Ruang Sidang Utama Gedung Merdeka itu, menurut Isman diharapkan bisa menimbulkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta dapat menimbulkan rasa nasionalisme.

Lambang Garuda Pancasila merupakan salah satu simbol penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara disamping simbol-simbol lainnya yakni Bahasa Indonesia, Bendera Merah Putih dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

"Tidak banyak orang tahu, terutama generasi muda, mengenai proses terbentuknya lambang negara Republik Indonesia itu," kata Isman.

Padahal, menurut dia pengetahuan mengenai hal itu penting dalam pembentukan karakter bangsa.

Seminar 60 Tahun Garuda Pancasila itu akan menampilkan sejumlah pembicara yakni Turiman Fachturahman (peneliti dan akdemisi Universitas Tanjungpura Pontianak), Helarian Widyatmoko (Universitas Trisakti), Nanang Hidayat (peneliti STSI Solo), Asvi Warman Adam (LIPI).

Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) yang berlokasi di Jalan Asia Afrika Kota Bandung merupakan salah satu museum yang menjadi tujuan kunjungan wisata khususya bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.

Selain menjadi tempat pelaksanaan Konperensi Asia Afrika tahun 1955, juga menyimpan sejumlah dokumen, foto dan artefak kegiatan KAA.



Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2011