Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Lilis Boy menuturkan para perajin Lampu Gentur atau Lentera Cantik yang berada di Kampung Gentur Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, membutuhkan akses permodalan dari perbankan agar usaha mereka bisa lebih berkembang.

"Saat momentum reses III 2021, saya berkunjung ke perajin Lampu Gentur yang berada di Kampung Gentur, Desa Jambudipa, Kecamatan Warung Kondang, Cianjur. Dan mereka menyampaikan aspirasi terkait kesulitan mendapatkan  modal pengembangan usaha," kata Hj Lilis Boy, di Bandung, Selasa.

Menurut Lilis, lentera cantik khas Cianjur ini banyak dipesan para konsumen dari kawasan Asia dan negara-negara Timur Tengah, Eropa seperti Yunani, Bulgaria, dan Amerika Serikat.

“Lampu Gentur ini sangat unik dan sudah banyak dipesan dari luar kota dan bahkan sampai luar negeri. Lampunya berwarna-warni, dan ada juga yang berwarna keemasan seperti tempat terrarium. Menarik sekali,” ujarnya.

Pada momentum reses tersebut dirinya juga berdialog dan berdiskusi langsung dengan para perajin Lentera khas Gentur, yang merupakan produk khas dari UMKM Kabupaten Cianjur.

Para perajin mengaku masih memiliki banyak kendala, utamanya soal pemasaran produknya, apalagi di masa pandemi ini.

“Mereka ini perlu diberikan pendampingan dan juga akses permodalan yang lebih baik, serta yang paling penting adalah strategi pemasarannya. Karena hasilnya bagus dan tidak kalah bersaing dengan kualitas impor,” kata dia.

Baca juga: Tenaga kesehatan Cianjur mulai divaksinasi COVID-19 dosis ketiga

Baca juga: Pemkab Cianjur bantu PMI pengadaan alat plasma konvalesen

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021