PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 1.484 calon penumpang telah menerima vaksin COVID-19 di Stasiun Cirebon dan pelayanan tersebut akan berlanjut kembali.

"Total sebanyak 1.484 calon penumpang telah menerima vaksinasi dari tanggal 3 Juli sampai 10 Agustus 2021," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, Selasa.

Suprapto mengatakan layanan vaksinasi COVID-19 di Stasiun Cirebon, ini berkat kerja sama antara KAI Daop 3 Cirebon dan Kodim 0614 dan Polres Cirebon Kota.

Vaksinasi tersebut menyasar kepada 60 calon penumpang pada setiap harinya, dan layanan itu dikhususkan bagi penumpang yang belum disuntik vaksin kemudian akan melakukan perjalanan.

Karena lanjut Suprapto sejak tanggal 3 Juli 2021 setelah ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), semua calon penumpang kereta jarak jauh diwajibkan menunjukkan kartu vaksinasi, minimal dosis pertama.

"Dengan diperpanjangnya PPKM, maka kami kembali memperpanjang masa operasional pelayanan pemberian vaksinasi COVID-19 secara gratis kepada calon penumpang," tuturnya.

Suprapto menambahkan untuk mencegah penyebaran COVID-19, PT KAI Daop 3 Cirebon tetap menerapkan aturan protokol kesehatan ketat bagi penumpang KA jarak menengah dan jauh di masa perpanjangan PPKM.

Hal itu sesuai yang tertuang dalam Surat Edaran Kemenhub Republik Indonesia No:58/ 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Untuk itu, pihaknya meminta kepada calon penumpang dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Kami harapkan layanan tersebut bisa dimanfaatkan oleh calon penumpang di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang belum di vaksin COVID-19," katanya.

Baca juga: Pengguna jasa kereta minati vaksinasi di stasiun Cirebon

Baca juga: Stasiun KA Bandung dan Cirebon layani vaksinasi gratis

Baca juga: KAI sediakan vaksinasi COVID-19 gratis di Stasiun Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021