PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon mengungkapkan para pengguna jasa kereta api meminati kegiatan vaksinasi COVID-19 yang tersedia di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, sehingga setiap hari  jatah yang disediakan selalu habis.

"Setiap hari, di Stasiun Cirebon, kita sediakan 60 dosis vaksin dan selalu habis," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Suprapto di Cirebon, Kamis. 

Suprapto mengatakan para penumpang sangat antusias dengan adanya vaksinasi COVID-19 di Stasiun Cirebon, karena sejak dibuka untuk para calon penumpang selalu habis. 

Menurutnya vaksinasi COVID-19 itu merupakan kerja sama PT KAI bersama Kodim Kota Cirebon dan Detasemen Kesehatan TNI AD wilayah (Denkesyah) Cirebon Kodam III Siliwangi, terhitung sejak tanggal 3 Juli 2021.

Ia menjelaskan jam pelayanan vaksin gratis itu dimulai dari jam 08.30 WIB sampai 15.00 WIB, dengan tahap awal, kuota layanan tersedia 60 dosis vaksin setiap harinya.

"Pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Cirebon ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan kereta api jarak jauh di masa PPKM Darurat. Fasilitas ini juga dalam rangka mendukung pemerintah guna mempercepat program vaksinasi COVID-19 di Indonesia," tuturnya. 

Ia menambahkan selama masa PPKM Darurat, pelanggan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. 

Selain itu khusus untuk perjalanan kereta api jarak jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Baca juga: Pemkot Cirebon imbau warga Shalat Idul Adha di rumah

Baca juga: DPRD Cirebon sahkan Perda Tibum untuk tindak pelanggar prokes
 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021