Michael Tampi dari Angel Investor mengatakan pendanaan investor untuk perusahaan startup (perusahaan rintisan) terus menunjukkan tren yang menggembirakan atau meningkat dua kali lipat pada tahun ini walaupun hingga saat ini Indonesia masih dilanda pandemi COVID-19.

"Itu naik dua kali lipat, pada tahun lalu terjadi 347 juta sumber dana bagi memulai. Jadi meskipun pandemi, ternyata itu tak mengambil investasi, jadi sejauh ini tak ada kabar buruk, tapi kabar baik," kata Michael Tampi, dalam jumpa pers daring "Bandung Startup Pitching Day 2021” yang diadakan oleh Thegreaterhub SBM ITB, Minggu.

Dia mengatakan pendanaan atau investasi terhadap startup dinilai menunjukkan tren yang menggembirakan dan sejalan dengan itu, sejumlah layanan inovasi yang ditawarkan perusahaan rintisan tersebut diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat.

Upaya yang dilakukan antara lain mulai dari sektor transportasi pertanian, kesehatan, seni dan desain, pembiayaan, hingga pembayaran pajak dengan peserta sebanyak 45 start up.

Dari sejumlah tawaran tersebut, tim kegiatan SBM ITB berkolaborasi dengan LPIK ITB, Startup Bandung, Xendit, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 itu menetapkan lima diantaranya sebagai yang terbaik.

Kelima start up tersebut adalah untuk kategori paling inovatif yakni Pertiwi (kebutuhan wanita), best pitch, Allure AI (kecantikan teknologi), Ecoplast ID paling berdampak, (pengemasan), most marketable Tujju (layanan lokalisasi media), best Digiflux (platform influencer marketing), hingga Fammi di bidang pendidikan belajar berani.

Sementara itu, Direktur The Greater Hub SBM ITB, Dr Dina Dellyana menuturkan kegiatan Bandung Startup Pitching Day 2021 bertujuan untuk memberikan peluang bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat, memfasilitasi startup yang membutuhkan dukungan dana untuk perkembangan bisnisnya.

"Selain itu, kegiatan ini dirancang sebagai platform pembelajaran untuk para pemuda, dunia startup, dan wirausaha baru. Apalagi kegiatan tahunan ini juga sekaligus ajang networking antara sesama startup, modal ventura, tamu undangan, dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup, " katanya.

The Greater Hub SBM ITB sebagai inisiator mengungkap bahwa latar belakang kegiatan tahunan ini didasari dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup di Indonesia, lalu bertambahnya jumlah startup di Indonesia dan sekitarnya yang memerlukan pendanaan namun akses terbatas, serta sebagai ajang exposure terkait potensi para startups.

Untuk mengembangkan fasilitasnya agar dapat memberikan layanan yang lebih baik dan meningkatkan kolaborasi antara stakeholder ekosistem startup di kota Bandung, The Greater Hub SBM ITB menginisiasi kegiatan dengan format “Business Pitching” dengan mempertemukan startup terbaik yang telah lolos seleksi administrasi dengan para investor sehingga diharapkan startup tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik kedepannya.

The Greater Hub SBM ITB sendiri berkolaborasi dengan LPIK ITB yang merupakan Lembaga yang didirikan untuk mendorong pemanfaatan hasil-hasil penelitian di Perguruan Tinggi juga bekerja sama dengan komunitas Startup Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015 dengan anggota lebih dari 200 startup yang berdomisili di Bandung.

Kemudian dengan Startup Grind Bandung sebagai komunitas startup tingat global di bawah program #GoogleForEntrepreneur yang sudah memiliki cabang di lebih 250 kota yang tersebar di 100 negara, salah satunya di Bandung.

Lalu dengan Geek Hunter sebagai startup perekrutan kerja khusus IT terkemuka asal Bandung yang berdiri sejak Juli 2013, dan Block71 Innovation Factory yang turut serta membangun ekosistem bisnis di Bandung.

Kegiatan yang memasuki tahun ketiga ini sendiri bertujuan untuk memberikan peluang pitching bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat serta memfasilitasi startup yang berada di seluruh Indonesia yang membutuhkan support pendanaan untuk perkembangan bisnisnya.

Ia mengatakan pada ajang ini juga mempertemukan startup terbaik yang telah lolos seleksi administrasi dengan para investor sehingga diharapkan startup tersebut dapat berkembang menjadi lebih baik.

Lebih dari itu, kegiatan tahunan juga dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup selain dari sumber daya namun akses terbatas, serta sebagai ajang eksposur terkait potensi para startup.

Thegreaterhub SBM ITB sendiri berdiri sejak tahun 2016 dan telah menginkubasi 245 startup.

Dinda Hervi dari Moonshot Venture mengingatkan bahwa penting untuk melakukan riset dan diharapkan melalui langkah-langkah tersebut, diharapkan menjadi salah satu cara untuk dapat menjangkau perhatian investor.

"Khususnya untuk angle apa yang bagus," katanya.

Baca juga: Program StartUp Campus ajak mahasiswa menjadi pendiri perusahaan rintisan

Baca juga: Ini 100 finalis FoodStartup Indonesia 2021

Baca juga: Tips agar perusahaan rintisan dapat tangkas kembangkan bisnis

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021