Soreang, 25/11 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, membentuk Balai Informasi Masyarakat (BIM), lengkap dengan peralatan komputer untuk mengakses "internet", sebagai upaya pemenuhan tuntutan masyarakat mendapatkan informasi yang semakin meningkat.

Sekda Kabupaten Bandung, H Sofian Nataprawira, kepada wartawan di Soreang, Kamis, mengatakan salah satu kecamatan yang telah memiliki BIM, yakni Kecamatan Katapang, sehingga diharapkan masyarakat setempat lebih mudah mengakses informasi yang dibutuhkan, sesuai dengan tujuan dibentuknya balai itu.

Selain di Kecamatan Katapang, sarana yang sama akan didirikan pula di kecamatan lain sesuai dengan minat masyarakat terhadap perkembangan informasi, katanya.

Kemajuan teknologi dan informasi pada era sekarang, menurut Sekda Kabupaten Bandung, sudah semakin pesat, yang membuka peluang bagi masyarakat untuk mengakses, mengelola, dan mendayagunakan informasi.

"Jika kita tidak mampu menyesuaikan diri dengan kecenderungan global tersebut, kita akan terjerumus kejurang keterisolasian dari perkembangan global," kata Sofian.

Ia mengakui ketersediaan alat komunikasi dan informasi serta kemampuan sumber daya manusia masih terbatas, seperti yang ditunjukkan hasil survey, bahwa motivasi pengguna warung masyarakat informasi (Warmasif) dalam pemenuhan kebutuhan bermedia di Jawa Barat masih belum optimal.

"Warmasif baru dimanfaatkan sebatas untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat," ujar Sofian.

Melihat kondisi demikian, kata Sofian, Pemerintah Kabupaten Bandung berupaya mengembangkan program-program perluasan akses komputer dan internet terutama di wilayah pedesaan.

Upaya tersebut, ujar mantan Kepala Dinas Pertanian Perhutanan dan Perekebunan Kabupaten Bandung ini ditempuh melalui pengembangan kelompok informasi masyarakat yang memberikan pembelajaran teknologi informasi.

Melalui upaya ini, Sofian berharap dapat mengubah aktivitas masyarakat menjadi "technology oriented" yang diarahkan untuk mewujudkan masyarakat informasi, yakni masyarakat berbasis pengetahuan.***5***

Ayi K

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010