Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Suprapto mengatakan terdapat 22 perjalanan Kereta Api (KA) yang masih beroperasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, untuk melayani masyarakat yang akan bepergian.

"Pada masa PPKM Darurat, KAI Daop 3 Cirebon tetap menghadirkan layanan transportasi sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah, untuk membantu masyarakat yang tetap harus bepergian," kata Suprapto di Cirebon, Selasa.

Menurutnya, terdapat 22 perjalanan KA yang beroperasi di wilayah Daop 3 Cirebon selama PPKM Darurat yang terdiri dari 10 KA tujuan ke Jakarta, lima KA ke Surabaya, masing-masing dua KA ke arah Solo dan Malang.

"Selanjutnya yang ke arah Bandung, Blitar, dan Tegal, masing-masing terdapat satu perjalanan KA," ujarnya.

Ia melanjutkan mulai 5 sampai 20 Juli 2021, pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa dan Sumatera wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau tes antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus perjalanan KA jarak jauh di Pulau Jawa, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi dosis pertama.

Suprapto menambahkan selam PPKM Darurat PT KAI Daop 3 Cirebon juga telah membatalkan operasional 21 KA berbagai tujuan.

"Kami juga membatalkan 21 perjalanan kereta selama PPKM Darurat," ujarnya.

Ia mengatakan untuk memfasilitasi para penumpang, KAI Daop 3 Cirebon juga menambah layanan tes antigen di empat stasiun dan juga terdapat layanan penyuntikan vaksin gratis bagi para penumpang KA di Stasiun Cirebon Kejaksan dengan jam operasional dimulai dari 08.30 sampai 15.00 WIB.

Baca juga: KAI Cirebon tambah empat stasiun yang layani tes antigen

Baca juga: KAI sediakan 83 Stasiun yang layani tes Antigen termasuk Bandung

Baca juga: 10 stasiun KA layani vaksinasi COVID-19 gratis termasuk Bandung

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021