Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat membangun pasar darurat di alun-alun Kecamatan Leles agar pedagang dapat segera beraktivitas berjualan dan perekonomian kembali tumbuh setelah bencana kebakaran melanda pedagang di kawasan pasar itu.

"Sementara ini kita akan membangun lagi pasar darurat di sana, tetap di lokasi itu karena tidak ada lokasi lain," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Senin.

Ia menyampaikan turut prihatin dengan adanya musibah kebakaran yang menghanguskan 412 kios dan 60 lapak pedagang Pasar Leles di lokasi pasar darurat lapangan Alun-alun Leles, Minggu (20/6) tengah malam.

Bupati juga meminta maaf kepada pedagang yang selama ini berjualan di pasar darurat karena pembangunan Pasar Leles terjadi keterlambatan akibat adanya masalah dalam proses pengerjaan.

"Saya juga merasa sedih terhadap kondisi Pasar Leles, Pasar Leles juga yang tadinya ada jadi masalah. Saya mohon maaf pada masyarakat Leles terutama pedagang, dan saya juga turut prihatin atas kejadian kebakaran ini," kata Bupati.

Selama pembangunan Pasar Leles belum tuntas, kata Bupati, maka seluruh pedagangnya diminta untuk berjualan di pasar darurat yang saat ini lokasinya dilanda musibah kebakaran.

Bupati berjanji setelah proses penyelidikan musibah kebakaran selesai, maka pihaknya akan langsung membersihkan lokasi Alun-alun Leles untuk kembali dibangun sebagai pasar darurat, dan secepatnya menyelesaikan Pasar Leles.

"Sambil menunggu, insya Allah Desember ini (2021) selesai, saya juga akan mantau terus pelaksanaan di lapangan menyangkut penyelesaian Pasar Leles tahap tiga," katanya.

Kepala Bidang Operasi dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut Wawan Sobarwan menambahkan, proses pemadaman kobaran api di pasar darurat itu membutuhkan waktu cukup lama sampai 10 jam karena banyak bahan yang mudah terbakar.

"Petugas membutuhkan sekitar 10 jam untuk memastikan api benar-benar padam dan situasi dinyatakan aman," katanya.
 
Sejumlah petugas berusaha memadamkan kobaran api yang membakar pasar darurat di Alun-alun Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (21/6/2021) dini hari. (ANTARA FOTO/HO-Disdamkar Garut)

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021