Cegah aksi premanisme, puluhan juru parkir liar yang beroperasi di wilayah utara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tetapnya di Kecamatan Cicurug yang merupakan daerah industri, perdagangan serta pintu keluar masuk kendaraan dari dalam dan luar Sukabumi dijaring polisi pada Selasa.

"Kami amankan puluhan juru parkir liar tersebut sebagai antisipasi terjadinya aksi premanisme yang bisa mengganggu keamanan dan kenyamanan warga maupun pengendara yang sedang beraktifitas," kata Kapolsek Cicurug Kompol Parlan di Sukabumi, Selasa.

Menurut dia, keberadaan juru parkir liar ini memang kerap mengganggu warga yang sedang beraktifitas, seperti meminta jasa parkir meskipun tidak sampai terjadi pemaksaan, tetapi sebagian masyarakat ada yang merasa risih dan khawatir.

Maka dari itu, puluhan juru parkir liar tersebut diamankan kemudian didata asal usulnya serta diberikan sosialisasi agar tidak mengganggu warga maupun pengendara yang tengah memarkirkan kendaraanya, apalagi sampai melakukan aksi pemerasan atau kekerasan.

Kebanyakan dari mereka ditemukan di titik pusat keramaian maupun perdagangan, seperti pasar semi modern, perempatan, pabrik/industri, minimarket dan beberapa tempat lainnya. Namun demikian, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya aksi kriminal yang dilakukan juru parkir liar tersebut terhada warga maupun pengendara.

"Keberadaan juru parkir liar ini sebenarnya bisa membantu petugas kepolisian seperti ikut membantu mengawasi kendaraan yang sedang diparkir antisipasi terjadinya pencurian kendaraan bermotor dan bisa menjadi informan petugas jika di daerah tempat beroperasinya tejadi aksi kejahatan sehingga bisa dengan cepat ditanggulangi," tambahnya.

Ia menyebutkan dengan dilakukannya pendataan ini keberadaan mereka pun bisa dengan mudah diketahui jika ada laporan adanya aksi premanisme, selain itu pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada para juru parkir liar ini agar tidak berbuat onar seperti melakukan aksi premanisme dan kriminal lainnya.

Harus diakui, juru parkir liar ini identik dengan preman, tetapi pihaknya tidak segan untuk memberikan sanksi tegas kepada sispa saja yang meresahkan warga apalagi pelaku kriminaliras.

Baca juga: Polres Cianjur berantas premanisme dan pungli

Baca juga: Polres Cianjur turunkan tim ke sejumlah lokasi "sweeping" preman

Baca juga: Polres Majalengka amankan 22 pelaku pungli - premanisme

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021