PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Cirebon, Jawa Barat, memastikan sudah memiliki semua fasilitas untuk pelayanan jasa peti kemas dan siap melayani jika ada permintaan.

"Pelabuhan punya fasilitas, seperti lapangan peti kemas, dermaga siap, alat ada, tinggal kegiatan belum ada," kata Manajer PT Pelindo II Cabang Cirebon Abdul Wahab di Cirebon, Rabu.

Wahab mengatakan selama ini Pelabuhan Cirebon hanya melayani kapal kargo, batu bara, minyak, gas, pasir, garam dan lainnya.

Namun untuk pelayanan peti kemas kata Wahab, belum tergali secara optimal, padahal semua fasilitas yang dibutuhkan sudah memenuhi, untuk itu ia mencoba menggali kembali potensi yang ada.

"Karena ketika pelayanan ini berjalan, tentu akan meningkatkan perekonomian di Cirebon," ujarnya.

Wahab menambahkan Pelabuhan Cirebon juga memiliki kapasitas tampung peti kemas sebanyak 300-400 TEUs dan ini tentu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Selain itu untuk kapal yang bisa bersandar di Pelabuhan Cirebon, itu bisa memuat 200 TEUs dan sedimentasi alur juga tidak menjadi masalah, karena setiap dua tahun sekali dilakukan pengerukan.

"Jadi secara kesiapan fasilitas tidak ada masalah. Sedimentasi sudah kita tanggulangi dengan pengerukan setiap dua tahun sekali," katanya.

Baca juga: Kawasan Pelabuhan Cirebon ditata jadi wisata sejarah

Baca juga: BI Cirebon: Pembangunan Pelabuhan Berpengaruh Terhadap Perekonomian

Baca juga: BI Cirebon: Pengembangan Pelabuhan Pengaruhi Perekonomian Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021