Antarajabar.com - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Jawa Barat, Abdul Majid Ikram mengatakan  pengembangan pelabuhan Cirebon mempunyai pengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian di wilayah Jabar bagian timur.
       
"Jika Pelabuhan Cirebon dikembangkan bisa sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian," kata Majid di Cirebon, Rabu.
       
Dia menuturkan pengembangan pelabuhan merupakan salah satu faktor pertumbuhan perekonomian setelah Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri.
       
Pihaknya menyakini dampak dari pengembangan pelabuhan, nantinya akan meningkatkan industri logistik dan tentunya bisa juga menyerap tenaga kerja yang banyak. Karena pelabuhan sendiri mempunyai peranan yang besar dalam industri tersebut.
       
"Saya yakin makin bagus, karena banyak pelayanan kargo dan industri logistik semakin maju dan berkembang," tuturnya. .
         
Dipijak lain ia mengatakan   jangan terlalu optimis dengan dibangunnya bandara bisa menjadi magnet ekonomi di wilayah Cirebon,."
  
Karena menurutnya BIJB  (Bandara internasional Jawa Barat di Majalengka) yang dibangun jauh dari kota besar dikhawatirkan tidak bisa menarik minat investor, mengingat sekarang ini baik di Jakarta maupun di Bandung bandaranya dipercantik.
       
Untuk itu pihaknya tidak terlalu optimis adanya BIJB menjadi magnet perekonomian dan berdampak positif untuk wilayah Cirebon.
       
"Bandara ini terlalu jauh dari pusat kota, apalagi bandara di Jakarta dan Bandung sudah dipercantik lagi, sementara di Jakarta juga akan dibangun bandara baru," tuturnya.
       
Majid menambahkan dengan kondisi ini, pihaknya akan mencoba melakukan kajian, apakah BIJB bisa berdampak positif atau malah sebaliknya.
       
"Kita akan mengkaji mengenai apakah ada dampak yang positif terhadap perekonomian," tambahnya.
       
Sementara itu untuk pengembangan pelabuhan pihaknya meyakini akan mempunyai pengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian di wilayah Jabar bagian timur.
       
"Jika Pelabuhan Cirebon dikembangkan bisa sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan perekonomian," ujarnya.
       
Pihaknya menyakini dampak dari pengembangan pelabuhan, nantinya akan meningkatkan industri logistik dan tentunya bisa juga menyerap tenaga kerja yang banyak. Karena pelabuhan sendiri mempunyai peranan yang besar dalam industri tersebut.
       
"Saya yakin makin bagus, karena banyak pelayanan kargo dan industri logistik semakin maju dan berkembang," tuturnya.

Pewarta: khaerul Izan

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2017