Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menetapkan hari libur kerja untuk pekerja pemerintahan, swasta, maupun lembaga pendidikan pada 8 Juni 2021 dalam rangka menyukseskan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 217 desa.

"Semua libur kerja saat hari pemilihan kepala desa yang diselenggarakan pada hari Selasa (8/6)," kata Sekretaris Daerah Pemkab Garut Nurdin Yana di Garut, Minggu.

Ia menuturkan bahwa Pemkab Garut sudah menyebarkan Surat Edaran Bupati Garut Nomor 141/1542/DPMD terkait dengan Pilkades Serentak 2021 yang di dalamnya menjelaskan tentang libur kerja untuk mengikuti pilkades di desanya.

Namun, kata dia, aturan itu ada kebijakan lain yang diperbolehkan bagi pekerja di industri seperti pabrik untuk mengatur jam kerja karyawannya agar hak suaranya tetap terpenuhi dan pabrik tetap beroperasi.

"Persoalan pabrik kami imbau diliburkan, atau nanti bisa waktunya diatur, perusahaan yang mengaturnya," katanya.

Khusus aparatur sipil negara (ASN) yang terlibat dalam pelaksanaan pilkades, lanjut dia, tetap bertugas, salah satunya tenaga kesehatan untuk mengawasi dan menjaga protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19 selama pilkades.

Nurdin juga mengimbau ASN agar memberikan hak suaranya pada pilkades, dan tetap menjaga netralitas dengan tidak ikut terlibat politik praktis.

"Mereka yang memiliki hak suaranya harus memberikan suaranya, dan jangan terlibat politik praktis, itu tidak boleh dalam demokrasi," katanya menegaskan.

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Garut, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Garut Aji Sukarmaji, mengimbau warga desa untuk tidak bepergian, tetapi ikut serta memberikan hak pilihnya pada pilkades.

Pilkades Serentak 2021 diikuti 217 desa yang tersebar di 40 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 818 orang, dua di antaranya meninggal dunia.

"Calon kades 816 orang, dua orang meninggal dunia di Desa Cibunar Kecamatan Tarogong Kidul Pak Rahmat, dan di Desa Pangrumasan Pak Afdal Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy. Jadi, tinggal 816," katanya. 

Baca juga: Amankan pilkades, Polres Garut siapkan Brimob untuk tambah kekuatan

Baca juga: Bupati Garut siapkan sanksi bagi ASN terlibat politik praktis dalam pilkades

Baca juga: Pemkab Garut siapkan tenaga medis di setiap TPS pilkades

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021