Cibinong, 3/9 (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor menyatakan kesiapannya melayani kebutuhan air bersih masyarakat selama Idul Fitri 1431 Hijriyah dengan menerjunkan 377 petugas saat libur dan berjaga selama 24 jam.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten Bogor, Yosep Hernawan, Jumat di Bogor mengatakan, PDAM Tirta Kahuripan telah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melayani kebutuhan terhadap air bersih selama Idul Fitri.
"PDAM Tirta Kahuripan siap memperlancar jalannya Idul Fitri dengan menyediakan kebutuhan air bersih baik secara kualitas maupun kuantitas," paparnya.

Sampai saat ini kondisi pengaliran kepada para pelanggan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor masih normal, namun tidak menutup kemungkinan pada saat libur Hari Raya Idul Fitri 1431 H terjadi gangguan pengaliran, papar Yosep Hernawan.

"Tentu kita tidak berharap ada gangguan apapun terkait pelayanan air bersih. karena itu berbagai upaya telah disiapkan, agar pasokan air bersih ke masyarakat tetap terjamin dengan baik," lanjut dia.

Yosep mengatakan, berbagai upaya dan antisipasi yang telah disiapkan PDAM Tirta Kahuripan, diharapkan dapat mengatasi berbagai gangguan yang muncul dalam pelayanan air bersih.

"Kami berharap para pelanggan PDAM Tirta Kahuripan dapat ber-Idul Fitri dengan khidmat tanpa ada gangguan di bidang layanan air bersih maupun yang lainnya," paparnya.

Berbagai upaya dilakukan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor guna mengantisipasi gangguan pengaliran kepada para pelanggan diantaranya dengan mengerahkan 377 petugas dari bagian teknik dan nonteknik ke sejumlah titik pengaliran air bersih.

Petugas yang diterjunkan PDAM tersebut akan bersiaga selama 24 jam selama libur Idul Fitri.

Selain itu juga juga telah disediakan cadangan atau stok pompa, bahan kimia dan perpipaan yang cukup.

Apabila terjadi gangguan pengaliran air bersih, PDAM menyediakan bantuan air bersih yang didistribusikan secara gratis melalui enam unit tangki berkapasitas 4000 dan 5000 liter ke wilayah pelayanan yang terganggu pengaliran airnya.

Permintaan bantuan air bersih melalui mobil tangki dapat dilakukan dengan menghubungi kantor Cabang Pelayanan terdekat.

Saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Kahuripan sebanyak lebih dari 124.000 sambungan langganan tersebar di 11 Cabang Pelayanan yang terbagi di dua wilayah yaitu di Kabupaten Bogor sebanyak tujuh Cabang Pelayanan dan di Kota Depok sebanyak empat Cabang Pelayanan. Di samping itu juga terdapat sebanyak 15 unit service point.

Total kapasitas produksi sumber air baku sebesar 2.259 liter per detik berasal dari mata air sebesar 735,5 liter per detik, air permukaan (sungai) sebesar 1.397 liter per detik dan sumur bor 126,5 per detik.

Ahmad Fahir

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010