Cimahi, 29/8 (ANTARA) - Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten menilai jika Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) sudah masuk kategori menuju universitas berkualitas dan kelas dunia.

"Sejauh dalam pengamaatan Kopertis wilayah IV, Unjani sebagai salah satu dari 474 perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di Jabar-Banten, pada saat ini sudah menunjukan potensi yang mengarah kepada kemampuan akumulasi dana yang 'sustainable', serta sudah berada pada 'track' yang mengarah kepada konsistensi dalam menuju universitas berkualitas dan kelas dunia," kata Koordinator Kopertis Wilayah IV Jabar-Banten, Prof Dr Abdul Hakim Halim saat memberikan sambutan pada pengukuhan mahasiswa baru Unjani, Minggu.

Lebih lanjut, Halim mengingatkan agar para mahasiswa baru tidak asal belajar. Tetapi harus belajar dengan cara terbaik, sehingga tidak asal lulus tetapi lulus dengan prestasi terbaik.

"Dengan begitu mahasiswa dapat memberikan kontribusi terbaik pula bagi bangsa ini. Dalam pergaulan dimasyarakat mahasiswa harus inklusif tetapi dalam prestasi mahasiswa harus eksklusif," ujarnya.

Rektor Unjani Heriyono Drs MPsi, pada acara sidang terbuka senat Unjani dalam rangka pengukuhan mahasiswa baru menyatakan, jika penerimaan mahasiswa Unjani mengalami peningkatan 10,75 persen dibanding tahun lalu.
"Semua itu hasil kerja keras semua elemen yang ada di Unjani, mulai dari pimpinan, dosen, karyawan, sampai kepada mahasiswa, bersinergis, bahu membahu untuk menciptakan universitas yang berkualitas yang memiliki daya saing dan kompetitif," paparnya.
Dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa baru dari tahun ketahun, sambungnya, menunjukan kepercayaan masyarakat yang menitipkan pendidikan putra-putrinya kepada Unjani semakin tinggi. Pada tahun ini mahasiswa baru Unjani berjumlah 2122 orang.

Heriyono juga mengingatkan mahasiswa baru agar memiliki kepekaan (dapat beradaptasi secara cepat) dalam mengikuti program Pengenalan profesi dan Studi (PPS) selama empat hari, yang dimulai 29 Agustus sampai 1 September 2010.

"Kegiatan PPS di Unjani mengacu kepada ketentuan Dirjendikti Depdiknas no. 38/Dikti/2000 tanggal 26 Februari 2000," jelasnya.

Ditambahkannya, tujuan dari pelaksanaan PPS adalah agar memudahkan mahasiswa beradaptasi dengan kehidupan kampus dan dapat memahami prinsip-prinsip menghargai harkat dan martabat manusia, serta hak azasi manusia, dapat memanfaatkan peluang dan potensi lokal, serta dapat dilaksanakan oleh sumber daya yang ada, dengan mengarahkan untuk membentuk manusia yang utuh, profesional dan mempunyai keunggulan kompetitif.***4***

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010