Bandung, 26/8 (ANTARA) - Jalan Tol Kanci (Cirebon) - Pejagan (Brebes) yang dioperasikan sejak akhir Januari 2010 memberikan kontribusi pendapatan bagi Bakrieland per Juli 2010 sebesar Rp28,8 miliar.

"Proyek Tol Kanci - Pejagan ini merupakan proyek jalan tol pertama Bakrieland, hingga saat ini telah memberikan kontribusi pendapatan sebesar Rp28,8 miliar," kata Chief Coorporate Affair Bakrieland, Yady Rizard Hakim didampingi Head External Communication Divisi, Leani Kusdiadi di Bandung, Kamis.

Menurut Yady, pendapatan dari jalan tol ini diprediksi meningkat signifikan dengan adanya aktivitas Lebaran 2010 dan libut akhir tahun. Ruas tol itu sudah kian dikenal dan dimanfaatkan oleh para penguna jalur Pantura.

Ruas tol Kanci - Pejagan diresmikan 26 Januari 2010 dan menjadi ruas tol trans Jawa pertama yang selesai pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Jalur itu cukup strategis karena terhubung dengan ruas Palimanan - Kanci (Jasa Marga) yang sudah ada sebelumya. Saat ini tengah dilakukan pengembangan ruas Pejagan - Pemalang dimana prosesnya telah memasuki dalam program pembebasan lahan.

Sementara itu Head External Communication Division Bakrieland, Leani Kusdiadi menyebutkan, sejal tol Kanci - Pejagan dibuka, hingga Juli 2010 pertumbuhan traffic mencapai 235 persen.

"Awal Juli 2010, trafic per hari telah mencapai 15.948 kendaraan per hari," katanya.

Ruas tol tersebut, memberikan kontribusi mengurangi beban jalur Pantura yang padat serta terpecahnya penumpukan arus kenaraan yang mengarak ke Pantura dan Pantai Selatan di ujung tol Palimanan - Kanci.

Denga tergabungnya tiga ruas tol itu, maka akan meningkatkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) di kawasan itu.

Selain itu, saat uji coba pada musim Lebaran 2009, pengoperasian ruas itu menekan tingkat kemacetan hingga 30 persen karena ruas itu menjadi alternatif rute bagi pengguna jalan yang hendak melanjutkan perjalanan melalui jalur Pantura.

"Tol Kanci - Pejagan merupakan jalan tol pertama yang menggunakan kosntruksi Precast Prestress Concrte Pevement (PPCP), dimana beton dicetak menggunakan pola pabrikasi yang dekat dengan lokasi jalan tol," kata Leani.

Sementara itu Bakrieland melalui anak usahanya PT Bakrie Toll Road terus mengembangkan proyek infrastruktur jalan tol. Hingga kini ada empat ruas jalan tol yang telah dan akan dibangun yakni ruas Kanci - Pejagan (35 KM), Pejagan - Pemalang (57 KM), Semarang - Batang (75 KM), Ciawi - Sukabumi (54 KM), Pasuruan - Probolinggo (45 KM). Total keseluruhan mencapai 266 kilometer.***2***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010