Bandung, 20/8 (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat yang juga seorang seniman sunda, Uu Rukmana, menyatakan Jawa Barat telah kehilangan seorang seniman besar dengan kepergiaan almarhum Kang Ibing.

"Saya kira, dengan kepergian almarhum Kang Ibing kepada Sang Khalik menandakan bahwa Jawa Barat telah kehilangan sosok seniman besar," kata Uu Rukmana, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Jumat.

Uu mengatakan, masyarakat Jawa Barat sudah selayaknya berterima kasih kepada Kang Ibing atas karya-karyanya yang berhasil mengangkat budaya sunda.

Dia mengatakan, salah satu kenangan yang tidak akan pernah ia lupakan dari Kang Ibing semasa hidupnya adalah kegemaran almarhum terhadap Domba Garut.

"Jika sudah berbicara soal domba, almarhum Kang Ibing tidak akan pernah kehabisan cerita," kata Uu.
Kamis malam, sekitar pukul 20.45 WIB, seniman sunda yang juga seorang pelawak, Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata atau Kang Ibing, meninggal dunia, di Rumah Sakit Al Islam Bandung.

Kang Ibing adalah seniman sunda yang lahir di Sumedang, Jawa Barat, 20 Juni 1946.

Semasa hidupnya dia pernah tergabung dengan grup lawak De'Kabayan bersama Aom Kusman dan Suryana Fatah. Pelawak ini juga aktif dalam kesenian Sunda.

Almarhum meninggalkan satu orang istri, Nike Wahyu Ningsih dan tiga orang anak, Dikdik Kusmadi, Mega Kusmanada, Diane Fatmawati.***4***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010