Bupati Ciamis, Jawa Barat Herdiat Sunarya membagikan 10 ribu paket bahan kebutuhan pokok pangan bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi COVID-19 di daerah itu.

"Jangan sampai salah sasaran dalam penyalurannya, usahakan berikan kepada yang betul-betul membutuhkan," kata dia saat penyerahan bantuan itu secara simbolis di Joglo Barat Pendopo Kabupaten Ciamis di Ciamis, Kamis.

Ia menuturkan sumber dana untuk program bantuan paket kebutuhan pokok pangan tersebut berasal dari dana zakat dan infak reguler ASN di Kabupaten Ciamis dan dari muzaki yang dikelola Baznas Ciamis. Bantuan tersebut disalurkan ke 265 desa dan kelurahan di kabupaten tersebut.

Ia mengapresiasi pengurus Baznas Ciamis karena meskipun baru dikukuhkan telah melakukan gerakan dengan menyiapkan 10 ribu paket kebutuhan pokok untuk masyarakat setempat.

"Mudah-mudahan semangat terus, berjuang untuk membantu meringankan beban saudara kita yang masih kekurangan, banyak sekali saudara kita membutuhkan bantuan kita semua," kata Herdiat.

Ketua Baznas Ciamis Lili Miftah menambahkan pembagian paket kebutuhan pokok tersebut program kolaborasi dengan Baznas Provinsi Jawa Barat.

Hingga saat ini, Baznas Jawa Barat terus gencar melakukan gerakan berbagi sampai pelosok sebagai bukti bahwa keberadaan Baznas bisa bergerak cepat menyelesaikan berbagai problematika keumatan.

Program bantuan tersebut, kata dia, dinanti-nantikan masyarakat Kabupaten Ciamis, terutama penerima manfaat yang tidak terakomodasi dalam beberapa program bantuan pemerintah.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Bupati Ciamis atas dukungannya sehingga optimalisasi potensi ZIS dari ASN Kabupaten Ciamis telah menjadi realisasi meskipun belum maksimal," katanya.

Baca juga: Presiden luncurkan Gerakan Cinta Zakat

Baca juga: Wapres Ma'ruf dorong pengelola zakat tingkatkan kepercayaan masyarakat

Baca juga: Rumah Zakat targetkan bantu sejuta penerima manfaat selama Ramadhan

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021