Bandung, 15/8 (ANTARA) - Jajaran Direktorat Lalu lintas Polda Jabar membagikan sedikitnya 2.000 helm SNI (standar nasional Indonesia) kepada masyarakat di Bandung, Minggu.

Wadirlantas AKBP Ontocahyono SIK, menjelaskan kegiatan bagi-bagi helm SNI tersebut merupakan langkah Direktorat Lalu lintas Polda Jabar untuk mensosialisasikan UU Lalu lintas No 22 tahun 2009, kewajiban menggunakan bagi pengemudi dan yang diboncengnya.

"Masyarakat pasti merasakan, sekarang tengah gencar-gencarnya dilaksanakan razia oleh satuan lalu lintas. Yang menjadi sasaran razia, selain surat-surat juga helm. Masih banyak masyarakat pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar," jelas dia.

Penggunaan helm ber-SNI, lanjutnya, sangat penting mengingat untuk perlindungan keselamatan para pengendara sepeda motor. "Memakai helm saja tidak cukup, karena seharusnya helm benar-benar bisa melindungi. Yang disarankan adalah helm SNI," tegasnya.

Menurut dia, dalam setahun sekitar 30.000 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, sebagian besar karena luka bagian kepala yang tidak terlindungi dengan baik.

Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat akan sadar, pentingnya helm berstandar nasional. ***1***

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010