Bandung, 7/7 (ANTARA) - Jumlah wisatawan asal Malaysia menempati peringkat teratas dalam daftar kunjungan wisman ke Kota Bandung, jabar, melalui Bandara Husein Sastranegara.

"Rata-rata wisatawan asal Malaysia yang datang ke Bandung melalui Bandara Husein sebanyak 7.200 orang per bulan, atau sekitar 90 persen dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bandung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat, Herdiwan Iing Suranta di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan, jumlah wisatawan yang masuk melalui destinasi Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung mencapai 8.440 orang. Selain dari Malaysia, juga berasal dari Singapura, Brunei, Australia, Belanda, Jerman, Eropa dan dari beberapa negara Timur Tengah.

Peningkatan kunjungan wisatawan Malaysia meningkat signifikan pascadibukanya penerbangan Bandung-Kualalumpur yang dijalani Asia Air sejak dua tahun lalu. Saat ini, terdapat empat penerbangan internasional dari Bandara Husein yakni tiga kali rute Bandung- Kualalumpur dan satu kali Bandung-Singapura.

Jumlah penerbangan Bandung-Kualalumpur sendiri dipastikan bertambah pada pertengahan Juli 2010 ini dengan masuknya Malaysia Airlines di rute tersebut.

"Rata-rata kunjungan wisatawan asal Malaysia berkisar dua hingga tiga hari, jaringan perjalanan wisata kedua kota ini sudah terjalin. Bandara Husein menjadi destinasi masuknya wisatawan ke Jabar," ujar Herdiwan.

Selain itu, ia berharap ke depan lebih banyak lagi maskapai penerbangan asing yang membuka rute ke Bandung, sehingga jumlah kunjungan wisatawan ke Bandung meningkat.

Sementara itu, untuk mengatasi peningkatan frekwensi penerbangan internasional maupun domestik, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Husein Sastranegara berencana melakukan pengembangan terminal bandara itu, sehingga daya tampung dan pelayanan lebih prima.

Terminal penumpang Bandara Husein akan diperluas untuk mengantisipasi peningkatan penumpang, selain itu juga mulai September 2010 akan dilakukan "overlay" landasan pacu dari ketebalan 37 PCN menjadi 51 PCN yang memungkinkan bisa didarati pesawat berbadan lebar sekelas Airbus 320.

"Pengembangan dan perluasan terminal Bandara Husein merupakan sebuah kebutuhan, tahun ini akan dilakukan pengembangan itu. Pengerjaannya mulai November 2010," kata General Manager PT Angkasa Pura II, Mulya Abdi.

Ia menyebutkan, pertumbuhan jadwal penerbangan Bandara Husein saat ini tumbuh 10 persen dengan penambahan ke beberapa rute kota.

Diperkirakan pada 2011, pertumbuhan penerbangan di bandara itu akan meningkat 70 persen dengan dilakukannya "overlay" dan perluasan terminal penumpang.

"Saat ini ada beberapa maskapai penerbangan domestik maupun internasional yang menunggu waktu untuk bisa mendaratkan pesawat A-320 di sini (Bandara Husein)," tutur Mulya.

Selain Malaysia Airlines, beberapa maskapai penerbangan yang akan masuk ke rute Bandung adalah Avia Star, Silk Air dan Garuda. Sedangkan maskapai yang saat ini melayani rute Bandung adalah Merpati, Asia Air, Wings Air, Sriwijaya Air dan Susi Air.***4***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010