Sukabumi, 22/6 (ANTARA) - Tim SAR Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, akan memperketat pengamanan sepanjang Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menjelang liburan sekolah karena gelombang laut di sepanjang pantai itu tinggi.

"Kami menerjunkan 45 personil untuk mengamankan beberapa titik rawan kecelakaan laut. Ada tujuh titik yang menjadi rawan kecelakaan laut, di antaranya Pantai Karangsari, Karangnaya, Karangpapak, Kebon Kalapa," kata humas SAR Kabupaten Sukabumi Ucok Hidayat, di Sukabumi, Selasa.

Selain itu, untuk meminimalisir kasus kecelakaan laut, menurut Ucok Hidayat, pihaknya juga akan memasang rambu-rambu larangan berenang di titik rawan kecelakaan laut tersebut.

Ia memperkirakan jumlah pengunjung pada liburan sekolah mencapai 10 ribu orang. Hal itu berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Dengan membludaknya pengunjung ini, kami sudah menyiapkan upaya antisipasi terjadinya kecelakaan laut," katanya seraya menambahkan saat ini pengunjung sudah mulai berdatangan.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Yayan Sopian mengatakan, pihaknya akan menurunkan 60 orang personil untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan objek wisata laut Palabuhanratu dan wilayah Utara, seperti Cicurug dan Cibadak.

"Ada 30 orang dikerahkan untuk mengatur lalu lintas di Palabuhanratu, sementara sisanya di wilayah Utara. Mereka ditempatkan di titik rawan kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Ia menambahkan, rambu-rambu lalu lintas yang terpasang sudah cukup sebagai penunjuk jalan.

Syaiful Hakim

Pewarta:

Editor : Teguh Handoko


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010