Bupati Garut Rudy Gunawan secara terbuka mengumumkan pilihannya berdasarkan hasil seleksi ketat yakni Nurdin Yana untuk menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Garut yang selanjutnya akan dilantik pada 1 Februari 2021.

"Insya Allah akan dilantik, di sini ada orangnya yaitu Bapak Nurdin Yana, Sekda kita yang akan dilantik pada hari Senin (1/2) yang akan datang, jadi resmi suratnya sudah sampai di Pak Gubernur hari Selasa (26/1), saya tanda tangani itu," kata Bupati Garut saat sambutan di Forum Konsultasi Publik Atas Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Garut 2019-2024 di Cipanas Garut, Kamis.

Ia menuturkan jajarannya secara transparan melakukan tahapan seleksi untuk jabatan Sekda Pemkab Garut yang diikuti beberapa orang pejabat birokrasi senior termasuk Nurdin Yana.

Nurdin Yana yang menjabat sebagai Asda 2 Pemkab Garut Bidang  Pemerintahan Umum dan Kesra itu telah melalui proses seleksi termasuk tahap wawancara oleh Bupati Garut.

Hasilnya, kata Bupati, berdasarkan persetujuan Ketua DPRD Garut, Wakil Bupati Garut, dan Penjabat Sekda Garut memutuskan Nurdin Yana laiak untuk menjabat sebagai Sekda Pemkab Garut.

"Saya sudah mendengarkan, saya tanya Pak Wakil, semuanya tidak ada yang berbeda pendapat tentu yang punya kewenangan adalah saya secara absolut, sebagai pembina kepegawaian daerah," katanya.

Ia menyampaikan keputusan itu sebagai akhir telah selesainya tahapan pemilihan Sekda Pemkab Garut, dan sudah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan tahap konsultasi dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Proses itu, kata dia, berdasarkan aturan yang tertuang dalam Pasal 115 Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Bupati/Wali Kota sebelum mengangkat pejabat tinggi pratama yakni sekda wajib dikonsultasikan kepada gubernur.

"Kami sudah melaporkan ke KASN dan sekarang sudah tahap konsultasi dengan Gubernur," kata Rudy.

Sekda yang sudah terpilih itu akan dilantik 1 Februari 2021 sehingga dipastikan sejak itu Pemkab Garut sudah memiliki sekda baru menggantikan Benny Bachtiar yang sebelumnya ditugaskan dari Pemerintah Provinsi Jabar.

Baca juga: Pemprov Jabar bantu Rp39 miliar untuk bangun Jalan Lingkar Cipanas Garut

Baca juga: Pemprov Jabar siapkan lahan pertanian untuk 5.000 petani milenial
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021