Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat mendukung program pemerintah desa dalam pengembangan destinasi wisata baru bernama Piramid View di Kecamatan Karangtengah yang menyuguhkan pemandangan alam Gunung Piramid.

"Kita akan mengembangkan destinasi wisata ini karena sektor pariwisata sangat membantu perekonomian daerah maupun desa itu sendiri," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman usai meninjau kawasan wisata Piramid View di Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangtengah, Garut, Minggu.

Baca juga: Disparbud Garut manfaatkan waktu PPKM untuk mempercantik objek wisata

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak potensi pariwisata yang perlu dikembangkan seperti wisata alam pegunungan, pantai, air terjun, danau, maupun wisata budaya.

Salah satunya objek wisata baru di Garut, kata dia, yaitu Piramid View yang memiliki daya tarik tersendiri, bahkan tidak kalah dengan wisata dataran tinggi Gunung Dieng di Jawa Tengah.

"Dataran tinggi Piramid View ini di atas ketinggian 1.300 mdpl tak kalah menakjubkan dengan objek wisata Dieng yang berada di Kabupaten Wonosobo," katanya.

Baca juga: Menara pandang akan dibangun di Situ Cangkuang Garut agar lebih menarik

Helmi mengapresiasi masyarakat dan aparatur pemerintah desa setempat yang telah berhasil menggali potensi daerahnya yaitu wisata pemandangan alam Gunung Piramid.

Upaya meningkatkan wisata itu, kata Helmi, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memperbaiki infrastruktur jalan menuju wisata, kemudian menambah fasilitas yang nyaman, aman dan menarik di tempat wisata.

"Pemerintah harus hadir untuk menjadi pendorong wisata melalui peningkatan infrastruktur jalan wisata serta fasilitas objek wisata itu sendiri," katanya.

Ia berharap setiap desa bisa menggali daerahnya masing-masing seperti mengembangkan potensi wisata agar tumbuh perekonomian masyarakat sekitar.

"Diharapkan muncul wisata-wisata baru di tingkat desa dengan memaksimalkan potensi yang ada," katanya.

Baca juga: Sejumlah desa di Garut kembangkan produk kopi sebagai komoditas unggulan
 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2021