Bandung, 20/5 (ANTARA) - Kodam III Siliwangi ikut memperkuat (memback up) pengamanan Kongres II Partai Demokrat yang digelar di Kota Baru Parahyangan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dengan kapasitas pengamanan atas kehadiran Presiden RI.

"Pengamanan yang dilakukan oleh TNI dalam hal ini Kodam III Siliwangi sebatas pengamanan Presiden RI saja, sedangkan pengamanan secara umum ditangani Polri," kata Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo di Bandung, Kamis.

Ia menyebutkan, pengamanan Presiden sudah merupakan protap bagi TNI. Namun tidak disebutkan jumlah personil yang dikerahkan untuk pengamanan di kawasan Kota Baru Parahyangan itu.

Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan hadir dan akan mengikuti jalannya kongres nasional kedua partai yang didirikannya itu.

"Yang jelas kami hanya mengamankan kehadiran Presiden RI saja, itu sudah ada prosedur tetapnya. Keamanan kongres secara umum adalah tanggung jawab panitia dan aparat terkait," tegas Pangdam.

Ia menyebutkan, situasi Jawa Barat saat ini cukup kondusif. Meski demikian tidak berarti kewaspadaan dan kesiagaan mengendur.

"Justeru dalam kondisi kondusif seperti ini kewaspadaan dan kesiagaan tetap menjadi prioritas, bukan hanya kewaspadaan TNI dan Polri tapi juga kewaspadaan masyarakat," katanya.

(U.S033/B/Y003/B/M019) 20-05-2010 18:35:29

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010