Organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah Nasional Demokrat dan menjadi sayap politik Partai NasDem yakni Garda Pemuda NasDem Jawa Barat (Jabar) menyatakan akan mengerahkan atau mengoptimalkan kaum muda atau milenial dalam pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di delapan kabupaten/kota di Jawa Barat

"Keterlibatan pemuda atau kaum milenial kami nilai penting untuk memaksimalkan pelaksanaan ajang demokrasi tersebut agar berjalan jujur dan adil," kata Ketua Umum Garda Pemuda NasDem Jawa Barat Rian Firmansyah di Bandung, Kamis.

Ia mengatakan bonus demografi penduduk yang dialami Indonesia saat ini harus dimaksimalkan denga baik di berbagai bidang salah satunya dalam kepentingan politik agar terwujudnya ajang demokrasi yang jujur dan adil.

Menurut Rian saat ini Jawa Barat memiliki jumlah kaum muda yang sangat banyak sehingga diyakini akan berkontribusi positif jika dilibatkan untuk pengawasan Pilkada Serentak 2020.

Oleh karena itu, pihaknya optimistis mampu meraih simpati sekitar 18 juta pemuda di Jawa Barat untuk kemenangan pasangan calon kepala daerah yang diusung Partai NasDem di Pilkada Serentak 2020.

Rian mengatakan target ini dipatok mengingat berdasarkan berbagai program kerja yang telah dilakukannya terlebih menurutnya Jawa Barat merupakan etalase nasional sehingga harus maksimal dalam mematok target suara.

"Provinsi Jawa Barat merupakan etalase nasional, dan pemuda membawa spirit perubahan, termasuk pada Pilkada serentak di Jabar," katanya.

Dalam meraih simpati suara milenial, menurut dia pihaknya terus berupaya memacu motivasi para pemuda agar mau menyalurkan hak pilih.

"Khususnya dalam pengawasan di TPS atau tempat pemungutan suara dalam mengawal proses penyampaian hak suara oleh masyarakat," katanya. 

Ia mengatakan penggalangan di saat seperti ini merupakan momentum baginya untuk terus meningkatkan soliditas.

"Hal ini merupakan momentum bergeraknya Pemuda NasDem Jawa Barat," katanya.

 Selain itu, Rian mengatakan pihaknya juga akan berupaya maksimal dan berkoordinasi dengan organisasi sayap partai lainnya demi kemenangan calon yang diusung partainya.

"Melalui rakerwil ini kami berupaya agar terjalin komunikasi dan silaturahmi diantara para pemuda NasDem. Terlebih, masa pemilihan sudah semakin dekat tepatnya pada 9 Desember 2020  mendatang," kata dia.

"Kita akan optimalkan semua potensi pemuda di Jabar. Dalam mendukung pemenangan partai, maka dibutuhkan juga peran dan dukungan dari semua pihaknya," lanjut dia.

Hal ini, menurutnya sesuai dengan arahan dari pusat agar mampu memaksimalkan peran serta kaum milenial. 

"Pemenangan Partai NasDem di Jabar merupakan arahan dari pusat, sehingga kita terus terpacu untuk memperoleh raihan suara yang lebih besar, khususnya dari pemuda-pemudi Jabar," kata Rian.

 
Baca juga: Partai Nasdem targetkan kemenangan pilkada di enam kabupaten/kota

Baca juga: NasDem siapkan kriteria calon presiden yang diusung 2024

Baca juga: Farhan sebut Jabar lumbung bibit pesepakbola

 

Pewarta: ASJ

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020