Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mendorong para pemuda untuk memiliki semangat berwirausaha dan melakukan berbagai inovasi agar mendapatkan penghasilan di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan adanya pandemi COVID-19 ini adalah peluang yang luar biasa bagi masyarakat untuk memakai atau menggunakan produk lokal, tinggal kita berpikir bagaimana meningkatkan lagi packaging-nya dan marketingnya," kata Herdiat saat menghadiri pameran virtual kewirausahaan pemuda di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis.

Ia menuturkan pameran kewirausahaan itu merupakan upaya Pemkab Ciamis untuk mendorong para pengusaha muda di Ciamis agar memiliki semangat dan optimistis untuk terus maju membangun perekonomian daerah.

"Melihat para pengusaha muda Ciamis saat ini, saya optimis mereka dapat mengembangkan perekonomian dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Ciamis," katanya.

Menurut dia, pemuda Ciamis salah satunya memiliki karakter pantang menyerah dan visioner yang bisa mencapai keberhasilan dan kemajuan bagi kondisi perekonomian Ciamis.

Herdiat mengatakan semangat wirausaha para pemuda merupakan pondasi yang luar biasa dan patut dikembangkan serta dipelihara agar terus berkembang dan berinovasi mengikuti perkembangan zaman.

Ia menyampaikan Pemkab Ciamis akan lebih mempermudah perizinan usaha dalam rangka mendorong pengusaha muda lebih maju dan berkembang.

Selama ini, lanjut dia, retribusi perizinan dari usaha besarnya tidak lebih dari Rp1 miliar setiap tahun, angka itu cukup kecil dibandingkan dengan dampak keberadaan pelaku usaha muda yang telah menumbuhkan perekonomian di Ciamis.

"Kalau bisa, izin usahanya lebih dipermudah serta dibantu dan diterima dengan ramah, apalah artinya satu miliar (rupiah) ketimbang pengusaha susah untuk mengembangkan usahanya," kata Herdiat.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan menambahkan kegiatan tersebut untuk membangun semangat wirausaha dan mengembangkan inovasi wirausaha muda di Ciamis.

Baca juga: Disnaker Depok dorong masyarakat berwirausaha untuk tingkatkan ekonomi

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin: Jumlah wirausahawan di Indonesia masih sangat rendah

Baca juga: Kemenkop UKM gulirkan program magang untuk cetak wirausahawan baru

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020