Cimahi, 10/2 (ANTARA) - Kota Cimahi, Jawa Barat, meraih penghargaan piala Citra Bhakti Abdi Negara Tahun 2009 dari Kantor Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) yang diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kota Cimahi Lilik Setyaningsih, Rabu, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada Wali Kota Cimahi karena dinilai telah berhasil menjalankan pemerintahan dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Lilik menjelaskan, pemberian penghargaan ini berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Nomor 2009/KEP M.PAN/12/2006 tentang pemberian penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara kepada pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia.

Menurutnya, didalam menjalan tugas pemerintahannya khususnya dalam pelayan publik ini, sedikitnya ada dua bidang pelayang publik yang menjadi unggulan, yaitu kesehatan di Puskesmas Cipageran dan Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PPTSP).

"Yang terpenting di dalam pelayanan publik itu ada inovasi, jadi tidak hanya memberikan pelayanan yang terus monoton, tapi ada inovasi, seperti di Puskesmas Cipageran yang susah memisahkan jalur bagi pasien lansia dan ada ruang rawat inap," ujar Lilik.

Ia mengatakan, ada 12 indikator penilaian untuk sebuah kota sehingga bisa mendapatkan penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara, diantaranya deregulasi dan debirokratisasi, peningkatan profesionalisme pegawai/pejabat, korporatisasi.

Kemudian pengembangan dan pemanfaatan e goverment, peningkatan partisipasi masyarakat serta pemberian penghargaan dan sanksi.

Selain Kota Cimahi, untuk Provinsi Jawa Barat, kota lainnya yang menerima penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara 2009 ialah Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor dan Kabupaten Bekasi.



(U.PK-ASJ/B/F002/F002) 10-02-2010 12:55:15

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010