Tasikmalaya, 30/1 (ANTARA) - Seorang dari dua orang bocah terbawa arus sungai Cimulu, di kawasan Kampung Cikiara, Kelurahan Panglayungan, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berhasil diselamatkan warga, sekitar 500 meter dari lokasi tenggelam korban, Sabtu.

Korban yang barhasil diselamatkan yakni Cecep (15) sedangkan satu korban lagi Reza (13) keduanya warga Rt 03 RW 11 kampung Cikiara, kelurahan Panglayungan, masih dalam pencarian warga beserta aparat keamanan.

Istri ketua Rt setempat, Zaenah, mengatakan, beruntung korban masih dalam kondisi hidup ditemukan saat terbawa arus sungai yang sedang meluap.

"Cecep berhasil diselamatkan warga yang kebetulan melihat ada anak kecil hanyut di sungai, sedangkan Reza belum diketahui, sekarang warga masih mencari," katanya.

Ia menjelaskan, Cecep yang berhasil ditolong dalam keadaan lemas langsung dibawa ke rumahnya untuk dilakukan perawatan oleh warga setempat dan keluarganya.

Cecep saat ditemukan dipinggiran sungai memudahkan warga di antara derasnya arus sungai, hingga akhirnya korban bersama-sama warga lainnya berhasil menyelamatkan bocah yang masih duduk di bangku SMP.

Cecep yang dibopong menuju rumhanya dalam keadaan selamat membuat saudara-saudaranya yang sibuk mencari korban tenggelam histeris, bahkan ibu kandungnya sempat pingsan.

"Ibunya pingsan, ketika anaknya tenggelam dan sudah ditemukan, sekarang ibunya juga masih belum sadar," kata Zaenah yang mendapatkan laporan dua orang warganya tenggelam sekitar pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, satu orang korban hanyut di sungai masih dilakukan pencarian warga dengan menyisir arus aliran sungai hingga memasuki perlintasan pusat kota Tasikmalaya.

Bahkan sebagian warga dalam upaya pencarian korban bersiaga mengamati arus sungai di setiap jembatan jalan kota yang dilintasi arus sungai Cimulu di jalan Mitra Batik dan jalan Re Martadinata.

Akibat pencarian tersebut arus lalu lintas di sekitar jembatan macet karena banyaknya warga dan pengguna jalan lainnya ikut mengamati aliran arus sungai.

Sementara itu peristiwa tersebut menurut teman korban, Alfin yang kebetulan tidak berenang di sungai mengatakan, kedua temannya nekad berenang dipinggiran sungai.

Namun, beberapa saat kemudian arus sungai Cimulu yang sebelumnya sempat terjadi hujan deras di wilayah kampung Cikiara menghayutkan kedua bocah yang sedang asyik berenang.

"Langsung saja terbawa aliran sungai, terus Reza dan Cecep tenggelam di sungai," katanya.

Feri Purnama
(U.PK-FPM/C/Y003/Y003) 30-01-2010 19:08:51

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010