Sumber, 25/1 (ANTARA) - Jalan tol Kanci-Pejagan yang menghubungkan Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat dan Brebes Jawa Tengah siap diresmikan Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono pada Selasa 26 Januari 2010.

Presiden Direktur PT Bakrie Toll Road Harya Mitra Hidayat memastikan semuanya sudah siap, baik secara operasional, rambu-rambu dan keamanannya.

"Secara operasional, rambu-rambu lalu lintas dan semuanya sudah siap tinggal diresmikan oleh Presiden besok," kata Harya kepada wartawan, Senin.

Dijelaskan Harya, Presiden rencananya akan meresmikan jalan tol trans Jawa yang pertama kali dibangun ini sekitar pukul 10.00 WIB, sekaligus penandatanganan sejumlah prasasti peresmian sejumlah proyek nasional lain.

Yang membedakan pembangunan tol Kanci-Pejagan dengan tol lain, menurut Harya, adalah adanya pemberdayaan kemitraan antara pihaknya dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di dua kabupaten tersebut.

"Konsep kami yang baru adalah pemberdayaan UMKM di dua kabupaten yang dilintasi yaitu Cirebon dan Brebes. Kami membangun area istirahat yang menyajikan produk-produk unggulan dua kabupaten tersebut untuk suvenir pengguna tol," lanjut Harya.

Berdasarkan pantauan, berbagai persiapan seremonial peresmian sudah dipersiapkan pihak pengembang di gerbang tol Kanci-Pejagan tepatnya di Desa Mertapada Kabupaten Cirebon. Tampak sejumlah tenda ukuran besar telah terpasang di beberapa titik tak jauh dari gerbang tol.

Sementara itu sepanjang ruas jalan tol hingga pukul 16.00 WIB tampak masih sepi, hanya sejumlah kendaraan panitia dan protokoler tampak mondar-mandir di jalan tersebut. Bahkan keadaan tersebut dimanfaatkan warga setempat untuk bermain bola.

Namun pada KM 241, tampak terdapat gundukan tanah merah sisa pembangunan yang belum dirapikan dan tak jauh dari tempat tersebut tampak masih terdapat genangan air sisa hujan yang mengguyur Cirebon sepanjang sore ini.

Mohamad Taufik
(T.K-FKR/B/Z004/Z004) 25-01-2010 20:12:26

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010