Bandung 25/1 (ANTARA) - Sebagian pedagang Pasar Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, mulai mendirikan kembali kios-kios mereka yang terbakar Minggu (17/1), dengan menggunakan dana pribadi dari masing-masing pemilik kios.

"Hari ini baru dimulai pembangunan di Pasar Ujung Berung setelah kemarin terbakar," ujar Usep Iskandar Wijaya, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Ujung Berung Bersatu (HPPUB), di Bandung, Senin.

"Belasan pemilik sudah kembali membangun kios mereka, sisanya menunggu bantuan dana dari pemerintah," ujarnya.

Kios yang sudah dibangun kembali terutama yang berada pada bagian pinggir pasar. Sedangkan yanag berada pada bagian tengah belum.

Hingga saat ini HPPBU belum mengajukan proposal biaya pembangunan kembali kepada pemerintah terkait kebakaran yang terjadi di Pasar Ujung Berung.

Usep mengatakan, secepatnya akan mengajukan rincian biaya yang diperlukan pada pemerintah untuk membangun kembali enam blok yang terbakar.

"Saya pun berharap dari total biaya tersebut 80 persen adalah kucuran dana dari pemerintah, dan sisanya dari pemilik kios," ujarnya.

"HPPBU pun sudah berkomitmen swadaya dari awal. Namun saya tetap yakin pemerintah akan mengucurkan dana untuk pembangunan kembali Pasar Ujung Berung," katanya menegaskan.

Sementara itu, HPPBU, Selasa (26/1), akan melaksanakan penancapan tiang pertama penanda dibangun kembalinya pasar.
Usep pun berharap, sekitar dua minggu lagi Pasar Ujung Berung mulai beroperasi seperti biasanya.
(bayu ph)

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010