Cirebon, 13/1 (ANTARA) - Menjelang peresmian jalan tol Kanci-Pejagan yang merupakan penghubung Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah pada 29 Januari 2010, pihak pengembang bersama masyarakat melakukan penghijauan di tepi jalan tersebut.

Kegiatan yang merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) PT Semesta Marga Raya (SMR) selaku pengembang jalan tol tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu, menyebutkan kegiatan penanaman pohon tersebut dilakukan serentak dari ujung pintu tol Kanci hingga pintu keluar di Pejagan, Brebes Jawa Tengah yang panjangnya 35 kilometer dengan jarak antar pohon minimal 3 meter.
Termasuk lahan-lahan yang masih kosong ditanami pohon yang sama namun pihak pengembang menyerahkan kepada masyarakat setempat untuk dipelihara dan dimanfaatkan sebagai penghasilan tambahan..

"Kami menyediakan bibit beserta pupuknya, kemudian masyarakat akan memelihara pohon tersebut untuk bisa dimanfaatkan ketika sudah besar sebagai penghasilan tambahan nantinya," kata Direktur Utama PT. SMR, Harya M Hidayat, Rabu.

29 Januari mendatang.

Sementara itu Bupati Cirebon, Dedi Supardi mengaku senang dengan rencana peresmian tol Kanci-Pejagan tersebut karena dapat mengatasi permasalahan transportasi di wilayahnya.

Dikatakannya, salah satu permasalahan jalan kabupaten Cirebon adalah setiap musim mudik lebaran terutama di perbatasan Jabar-Jateng tersebut.

"Mudah-mudahan dengan diresmikannya tol Kanci-Pejagan dapat mengantisipasi kemacetan saat musim lebaran ke depannya," kata Dedi.

Selain itu perekrutan karyawan yang sebagian besar melibatkan masyarakat lokal, menurut Dedi telah membantu mengurangi angka pengangguran di kabupaten Cirebon.

Yasad Ali
(T.Y003/B/Z002/Z002) 14-01-2010 00:53:07

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2010