Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, meluncurkan program Gerakan Menggunakan Masker atau disingkat "Genggam" untuk meningkatkan kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan COVID-19.

Peluncuran program Genggam dilakukan di Lapangan Lottemart Grosir, Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, Rabu, ditandai apel kesiapan pengawasan dan kepatuhan protokol kesehatan COVID-19.

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan kegiatan ini dilalukan dalam rangka meningkatkan pengawasan dan kepatuhan protokol kesehatan COVID-19 di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada tim gugus tugas penanganan COVID-19 mulai dari RT, RW, desa dan kelurahan serta kecamatan sampai dengan kabupaten yang senantiasa tanpa lelah menyosialisasikan pentingnya patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Eka mengatakan Kabupaten Bekasi terus berupaya memerangi COVID-19, salah satunya dengan membagikan satu juta masker dan ditargetkan 2,5 juta masker secara bertahap akan diberikan kepada masyarakat dari berbagai unsur.

"Tentu saja ini merupakan upaya kami dalam pencegahan COVID-19, semoga dapat mengurangi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Dia berpesan kepada semua unsur untuk melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat sadar akan pentingnya protokol kesehatan.

"Tingkatkan profesionalisme humanisme dengan terus senantiasa mendekatkan diri dan membangun komunikasi kepada masyarakat, jaga selalu kesehatan dalam pelaksanaan tugas, serta lengkapi APD jangan sampai menjadi klaster baru wabah COVID-19," katanya.

Usai peluncuran program Genggam, Bupati Bekasi melakukan pengecekan pasukan dan kendaraan dinas serta melakukan penyematan rompi secara simbolis kepada perwakilan unsur TNI-Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, dan para relawan COVID-19.

Bersama Forkopimda yang hadir, Eka juga melakukan pengecekan ke jalan serta membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas.

Baca juga: Menko PMK minta warga Muhammadiyah pelopori gerakan pakai masker

Baca juga: Kabupaten Bekasi akan jalankan Genggam untuk cegah COVID-19

Baca juga: TP-PKK Jawa Barat optimalkan Gerakan Bersama Pakai Masker

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020