Cirebon, 23/12 (ANTARA) - Pemerintah Kota Cirebon terus menggalakkan penanaman bakau (mangrove) guna mencegah abrasi mengingat daerah itu merupakan kota pantai.

"Kota Cirebon memiliki sekitar tujuh kilometer pantai, karena itu daerah tersebut harus terus dipilihara antara lain dengan menanam bakau," kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Peternakan dan Pertanian kota Cirebon Odi Suryadi kepada wartawan di Cirebon, Rabu.

Dikatakannya, penanaman bakau tersebut baru-baru ini dilaksanakan berbagai intansi yang menanam sebanyak 6.500 bibit disebar di pantai Kesenden, Cirebon.

Lokasi penanaman sekitar satu kilometer dengan lebar sekitar 100 meter persis dipinggi pantai.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari HUT Kota Cirebon ke-640 yang jatuh pada 1 Muharram 1431 Hijriah.

Sepanjang tahun 2009 banyak komponen masyarakat yang ikut melaksanakan penghijauan dengan tanaman bakau disepanjang pantai Cirebon tersebut, baik siswa dan mahasiswa maupun instansi pemerintah dan swasta.

Menurut dia, yang lebih penting setelah penanaman adalah pengawasan dan pengendalian pemanfaatan lahan.

Khusus kawasan bakau Kota Cirebon harus menjadi ekosistem pantai. Untuk itu perlu ditegaskan bahwa kawasan tersebut sebagai hutan lindung.

Diharapkan kedepan, selain dapat dijadikan sebagai laborarorium perguruan tinggi juga dapat sebagai tempat singgah bagi burung yang melintas dari Asia ke Australia atau sebalinya.

Sejauh ini jenis bakau yang ditanam di daerah itu adalah samolo (baringtonia), api-api (avivenia) dan bakau-bakau (rhizopora).


Yasad Ali
(T.Y003/B/S016/S016) 23-12-2009 10:14:07

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009