Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah, mengklaim bahwa penertiban pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kawasan Puncak Cisarua Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada akhir pekan lalu berlangsung sukses.

"Kalau saya lihat dalam penertiban Sabtu dan Minggu itu berhasil, parameternya jumlah wisatawan dan kendaraan yang datang ke Puncak itu menurun dan saya lihat (lalu lintasnya) lancar," ujarnya saat ditemui usai pelantikan Kwartir Pramuka Kabupaten Bogor di Bumi Perkemahan Gunung Pancar, Babakanmadang, Bogor, Senin.

Menurutnya, selain didukung oleh operasi gabungan antara Pemkab, dan TNI-Polri, suksesnya menekan volume kendaraan di jalur penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu karena sosialisasi secara masif di media sosial.

"Kita menyebarkan informasi dari pagi sampai siang, dan malam kita tertibkan dengan semboyan gelapkan Puncak. Puncak dibuat gelap," kata Agus.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Bogor bersama unsur TNI-Polri melakukan pembatasan pengunjung di Jalur Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat jelang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total DKI Jakarta pada 14 September 2020.

Menurutnya, pembatasan pengunjung dengan cara memutar balik beberapa kendaraan di pintu Tol Gadog itu demi mengantisipasi membeludaknya pengunjung Kawasan Puncak, terutama dari DKI Jakarta.

Sementara, Satpol PP juga melakukan penyisiran ke pusat-pusat keramaian di Jalur Puncak, memeriksa kepatuhan penerapan aturan pengenaan masker, dan operasional tempat usaha.

Baca juga: Tiga rumah makan di Puncak Bogor disegel karena buka malam hari

Baca juga: Hari pertama PSBB Jakarta, jalur Puncak-Cianjur sepi

Baca juga: Bupati Bogor minta Anies perketat akses Jakarta menuju kawasan Puncak
   

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020