Tasikmalaya, 17/12 (ANTARA) - Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya mewisuda 661 sarjana baru dari tujuh fakultas di lapangan terbuka kampus Unsil, kota Tasikmalaya, Kamis.

Kahumas Unsil, Ecky Soeriwijaya, mengatakan, para lulusan Unsil diharapkan mampu memberikan yang terbaik dari sisi keilmuannya, mengabdi kepada masyarakat serta berguna bagi bangsa dan negara.

"Dengan ilmu dan pengetahuan intelektualnya diharapkan lulusan kami siap mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai dengan kajian keilmuannya," katanya.

Ia mengemukakan, para wisudawan dan wisudawati Unsil terdiri dari 264 orang fakultas pendidikan, 217 orang fakultas ekonomi, 10 orang dari fakultas pertanian.

Kemudian 63 orang dari fakultas kesehatan masyarakat, 28 orang fakultas teknik, sembilan orang fakultas ilmu pemerintahan dan sipil.

Selain itu, kata Ecky, Unsil juga sekaligus mewisuda 54 mahasiswa pascasarjana, 11 orang dari fakultas keagamaan Islam serta lima orang dari fakultas baru kepariwisataan.

"Para lulusan tersebut kami yakin mampu mengaplikasikan dirinya dengan ilmu dan pengetahuannya di masyarakat maupun dalam jabatan pekerjaanya," katanya.

Sementara itu Ecky menekankan para lulusan Unsil tidak terfokus pada orientasi mencari lapangan pekerjaan, melainkan mampu menciptakan lapangan kerja.

Dijelaskannya, para lulusan diminta untuk menciptakan lapangan kerja, salah satunya menjadi pengusaha atau berdagang dengan menerapkan kajian ilmu di bangku kuliah.

Sedangkan para lulusan kependidikan atau bidang keguruan bisa melaksankan kegiatan belajarnya secara efisien dan efektif dalam menyampaikan materi kepada anak didiknya dengan menjalankan tugasnya secara profesional.

"Lulusan Unsil bukan berorientasikan mencari lapangan pekerjaan tetapi harus bisa menciptakan lapangan pekerjaan," katanya.***3***

Feri Purnama
(U.PK-FPM/C/J003/J003) 17-12-2009 09:51:11

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009