Pemerintah Kabupaten Garut  mendorong pengembangan potensi wisata alam Puncak Malaya di wilayah Selatan Garut, Desa Girimukti, Kecamatan Cikelet dengan menyiapkan anggaran untuk bangun fasilitas agar pengunjung merasa aman dan nyaman saat menikmati panorama alam di wisata tersebut.

"Nanti desa akan diberi Rp100 juta untuk digunakan sebagai bagian mempercantik dan keamanan Puncak Malaya," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Kamis.

Ia menuturkan, jajarannya sudah meninjau langsung kondisi akses dan keindahan wisata alam Puncak Malaya yang dinilai memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Upaya mengembangkan objek wisata alam itu Pemkab Garut akan memberi dana awal pada anggaran perubahan sebesar Rp100 juta yang bisa digunakan untuk membangun fasilitas keamanan maupun hal lain untuk kenyamanan pengunjung.

"Utamakan dulu soal keselamatan, tempat mana saja yang harus diberi pengamanan, keselamatan adalah segalanya," katanya.

Ia menyampaikan, Pemkab Garut terus berupaya menggali potensi pariwisata di pelosok daerah agar bisa diketahui banyak orang, kemudian mendorong wisatawan untuk berkunjung.

Selama ini sudah ada beberapa potensi pariwisata yang sudah didorong oleh pemerintah, salah satunya wisata petualangan air sungai di Leuwi Daleum, Kecamatan Cibalong, bahkan sudah dipromosikan melalui media massa.

"Setiap minggu ada program bupati yang baru yaitu mengunjungi pusat-pusat pariwisata, minggu kemarin ada satu wisata baru di perbatasan Cibalong-Cisompet yakni Leuwi Daleum," katanya.

Ia berharap, pengembangan potensi pariwisata di daerah pelosok Garut itu bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi sekitar wisata, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

"Semoga dengan adanya Puncak Malaya ini, roda ekonomi rakyat Desa Girimukti dapat bergerak maju," kata Rudy.

Baca juga: Dispora Garut tunda pembinaan atlet karena nol anggaran dampak pandemi

Baca juga: Bakorpakem Garut selidiki bentuk pelanggaran hukum ormas ubah Garuda Pancasila





 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020