Tasikmalaya, 3/12 (ANTARA) - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-45 di tingkat pemerintah Kota Tasikmalaya diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal.

"Peringatan HKN ini semoga bisa lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal," kata Wakil Wali Kota Tasikmalaya Dede Sudrajat usai melepas peserta gerak jalan di kompleks perkantoran Tasikmalaya, Kamis.

Ia berharap masyarakat kota Tasikmalaya meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terlindungi dari terjangkitnya berbagai penyakit.

Menurut dia, lingkungan sehat dan bersih merupakan upaya yang ampuh untuk menghindari terjangkitnya berbagai penyakit sehingga tercipta kehidupan lingkungan masyarakat yang sehat.

"Menjaga lingkungan yang bersih itu penting agar tetap tercipta masyarakat kota Tasikmalaya yang sehat," katanya.

Menurut dia, dengan HKN seluruh masyarakat diharapkan dapat pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata sehingga memiliki derajat kesehatan yang lebih layak.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan olah raga sebelum tubuh terjangkit penyakit.

"Sehat yang utama, jadi harus menjaga kebugaran tubuh," katanya.

Sementara itu pemerintah Kota Tasikmalaya dalam memperingati HKN menggelar berbagai kegiatan gerak jalan dan senam bersama yang diiukuti seribuan peserta, mulai masyarakat, pejabat dinas, dan pelajar.

Acara tersebut merupakan rangkaian peringatan HKN tingkat Kota Tasikmalaya yang sudah dilaksanakan sejak bulan Agustus 2009 untuk menunjukan kepedulian pemerintah kota terhadap kesehatan.

Selain itu kata Dede peringatan HKN merupakan perwujudan visi pembangunan kesehatan Indonesia sehat 2010 yang mengupayakan hidup dengan lingkungan yang sehat.

Sementara itu rangkaian peringatan HKN rencananya terus digelar hingga puncak acara yang akan dilaksanakan Senin (7/12)di Balai Kota Tasikmalaya. ***3***

Feri Purnama
(U.PK-FPM/C/s018/s018) 03-12-2009 18:34:22

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2009