Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sukabumi, Jawa Barat menyebutkan data kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada akhir pekan tepat Minggu (30/8) melonjak.

Informasi yang diterima untuk Kota Sukabumi jumlah kasus baru ada dua orang sementara di Kabupaten Sukabumi bertambah enam orang, sehingga total warga yang terinfeksi virus yang bisa menyebabkan kematian ini dari dua daerah tersebut sebanyak delapan orang.

"Enam warga yang terkonfirmasi COVID-19 itu merupakan tiga pria dan tiga wanita mereka tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Sukabumi," kata perwakilan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sukabumi Eneng Yulia di Sukabumi, Senin.

Adapun rinciannya adalah seorang wanita berusia 40 tahun dari Kecamatan Parungkuda, pria berusia 41 tahun dari Kecamatan Jampangtengah, pria 27 tahun dari Kecamatan Cisaat, wanita berusia 27 dan 33 tahun serta pria 61 dari Kecamatan Cibadak.

Terungkapnya kasus baru tersebut karena yang bersangkutaan melakukan swab secara mandiri untuk urusan pekerjaan dan mayoritas dari kasus baru itu tertular COVID-19 akibat sering bepergian ke luar kota seperti pria dari Kecamatan Cisaat dirinya mengetahui terinfeksi virus ini saat baru pulang dari Papua.

Namun demikian, enam kasus tersebut dua diantaranya sudah dinyatakan sembuh, karena sebelum hasil swab keluar pihak Satgas COVID-19 Kabupaten Sukabumi sudah menindak lanjuti seperti mewajibkan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari pihak puskesmas maupun karantina di rumah sakikt rujukan.

Hingga Minggu, (30/8) total warga Kabupaten Sukabumi yang terkonformasi COVID-19 sebanyak 106 orang dari jumlah tersebut 91 sembuh, tiga meninggal dunia, sembilan isolasi dan tiga karantina. "Seluruh kondisi kesehatan pasien COVID-19 stabil," tambahnya.

Sementara, Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana mengatakan di akhir pekan ini kasus baru COVID-19 bertambah dua orang, keduanya dalam kondisi baik. Dengan adanya tambahan tersebut sekarang totalnya menjadi 129 orang dari jumlah itu 116 sembuh dan 13 orang masih menjalani isolasi.

Baca juga: Warga Sukabumi positif COVID-19 bertambah 5 orang

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sukabumi meninggal dunia

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Kota Sukabumi bertambah dua kasus

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2020